Mengalami kemerdekaan sejati

Mengalami kemerdekaan sejati

BACAAN HARI INI
2 Korintus 3:11-18

RHEMA HARI INI
2 Korintus 3:17 Sebab Tuhan adalah Roh; dan di mana ada Roh Allah, di situ ada kemerdekaan.

Sejak kematian sang ibu, kesehatan ayah Tina menurun drastis. Beliau tidak mampu bekerja lagi, hanya terbaring lemah di tempat tidur. Sebagai anak tertua yang masih memiliki dua adik yang masih kecil, tanggung jawab memelihara kehidupan keluarga beralih kepada Tina. Ia pun bekerja sebagai pengemudi ojek online. Tidak peduli cuaca sedang panas menyengat atau hujan lebat, ia bekerja dari pagi sampai malam. Hampir setiap hari Tina pulang dengan sangat letih. Pulang ke rumah pun ia masih harus membereskan rumah dan merawat ayahnya. Ia sampai tidak bisa lagi berdoa karena sudah terlalu lelah. Tina sering menangis diam-diam karena merasa begitu terbebani dan harus berjuang sendirian, tetapi ia tidak tahu lagi harus berbuat apa.

Seperti Tina, kadang beban hidup yang terlalu berlebihan membuat kita memaksakan diri sampai akhirnya kita sangat kelelahan. Kita menjadi murung, mudah marah, dan mudah berpikir negatif terhadap segala sesuatu. Yang lebih berbahaya, beban yang berlebihan itu menyelubungi hati kita, hingga kita tidak mampu lagi mencari hadirat Tuhan dan hubungan kita dengan Tuhan pun merenggang. Akibatnya, beban kita terasa semakin tak tertanggungkan.

Ya, justru saat kita merasa begitu terhimpit, kita harus mendekat dan mencari hadirat Tuhan. Bersandarlah pada bahu Bapa saat kita terbeban berat dan Dia akan memberikan kelepasan dan kelegaan (Mat. 11:28). Bila kita sungguh-sungguh memuji dan menyembah dengan tubuh, jiwa, serta roh kita, Roh Kudus akan mulai memenuhi hati dan membawa kita masuk dalam hadirat Tuhan. Roh Kudus akan membantu kita berdoa menyampaikan segala beban kita kepada Bapa. Memang masalah akan tetap ada, tetapi kita bisa memandangnya bukan sebagai beban lagi. Kita akan mendapat kekuatan yang baru, karena di dalam Tuhan Yesus ada kemerdekaan sejati atas setiap masalah dan beban kita. (PF)

RENUNGAN
DATANGLAH MENDEKAT KEPADA TUHAN, maka kita akan mengalami KEMERDEKAAN SEJATI dari beban hidup yang berlebihan

APLIKASI
1. Apakah hal yang membuat Anda begitu terbebani akhir-akhir ini? Apakah beban itu menyebabkan Anda menjauh dari Tuhan?
2. Mengapa Anda perlu mendekat kepada Tuhan saat merasa terbebani?
3. Apa yang bisa Anda lakukan untuk mencari hadirat Tuhan ketika beban Anda mulai terasa begitu menyesakkan?

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan Yesus, Engkau tahu apa yang sedang kami alami. Kami ingin selalu dekat dengan-Mu, tetapi terkadang beban kami begitu terasa berat, hingga kami tak mampu mencari wajah-Mu. Tuhan, ampuni ketidakpercayaan kami, curahkanlah Roh Kudus-Mu sampai memenuhi dan menguasai kami, sebab kami tahu bila bersama Engkau kami akan cakap menanggung segala sesuatu. Terima kasih, Tuhan. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.