Kunci menikmati masa depan yang baik dari Tuhan

Kunci menikmati masa depan yang baik dari Tuhan

BACAAN HARI INI
1 Petrus 3:8-14

RHEMA HARI INI
1 Petrus 3:10-11 “Siapa yang mau mencintai hidup dan mau melihat hari-hari baik, ia harus menjaga lidahnya terhadap yang jahat dan bibirnya terhadap ucapan-ucapan yang menipu. Ia harus menjauhi yang jahat dan melakukan yang baik, ia harus mencari perdamaian dan berusaha mendapatkannya.

Meskipun bersaudara, sifat Susi dan Tari sangat bertolak belakang. Susi sang kakak adalah seorang yang lurus, patuh, dan tegas. Sementara Tari adiknya cenderung memberontak. Perbedaan usia yang jauh semakin mempersulit komunikasi di antara mereka. Tak jarang mereka bertengkar hebat saat Susi berusaha menasihati Tari. Tari sendiri merasa kakaknya kuno, tidak mengerti soal anak muda zaman sekarang. Bila sudah begitu, mereka akan saling melontarkan kata-kata menyakitkan dan berakhir dengan perang dingin. Konflik antara Susi dan Tari tak kunjung usai, sampai suatu ketika Tari mengalami kecelakaan lalu lintas dan harus menjalani perawatan di rumah sakit.

Selama itu Susi dengan sabar menjagai Tari. Ia membawakan segala keperluannya, menghibur, dan berdoa untuk adiknya. Saat itulah Tuhan menjamah hati Tari. Ia bisa melihat bahwa sebenarnya kakaknya sangat menyayanginya. Kalaupun Susi memarahinya, itu adalah untuk kebaikan dirinya. Tari sungguh menyesal karena selama ini berprasangka buruk. Tari mengira kakaknya hanya tidak suka melihatnya senang. Tari langsung meminta maaf pada kakaknya. Hubungan mereka berdua pun dipulihkan Tuhan.

Perbedaan pendapat akan selalu ada dan kita tidak akan bisa menyenangkan semua orang. Namun, bila kita hidup menuruti kata hati dan perasaan, konflik dengan orang-orang di sekitar kita pun bisa timbul dengan mudahnya. Mintalah tuntunan dan hikmat Roh Kudus agar kita tidak mudah terpancing. Dengan pertolongan-Nya, kita akan bisa melihat perbedaan dengan perspektif yang benar. Mungkin tidak mudah untuk hidup bebas dari konflik, tetapi hal itu harus terus diusahakan. Konflik hanya akan membuat hidup tidak tenang dan bahagia, sedangkan perdamaian membuat hidup ini indah. Hal-hal yang baik menanti kita ketika kita hidup dalam kedamaian. Mintalah pertolongan Tuhan, supaya setiap konflik dapat kita selesaikan dalam waktu singkat dan kita bisa menjadi pembawa damai di mana pun kita ditempatkan, sehingga kita pun bisa mengalami kemerdekaan sejati dari Tuhan. (PF)

RENUNGAN
Berusahalah MENGATASI KONFLIK dan HIDUP DAMAI, maka kita dapat MENIKMATI MASA DEPAN YANG BAIK yang sudah Tuhan persiapkan

APLIKASI
1. Apakah selama ini Anda sering terlibat konflik? Bila ya, dalam hal apakah itu?
2. Apa yang sering kali menjadi penyebab terjadinya konflik dalam hidup Anda?
3. Apa yang sebenarnya Anda bisa lakukan untuk menghindari konflik?

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan Yesus ampuni kami bila kami masih sering terbawa emosi hingga kami melakukan tindakan atau mengatakan hal yang menyakiti orang lain. Kami menyesal Tuhan, berilah kesabaran dan hikmat pada kami, supaya kami dapat menjaga lidah kami. Berilah hati yang bersih agar kami dapat menerima maksud dan tujuan-Mu di balik semua masalah. Tolong kami Tuhan agar semua konflik yang sedang kami alami dapat segera terselesaikan dengan damai. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.