Kerendahan hati yang menyelamatkan

Kerendahan hati yang menyelamatkan

BACAAN HARI INI
Mazmur 37:1-40

RHEMA HARI INI
Mazmur 37:11 Tetapi orang-orang yang rendah hati akan mewarisi negeri dan bergembira karena kesejahteraan yang berlimpah-limpah.
Robert dan Elisa adalah sepasang suami istri. Elisa trauma terhadap laki-laki akibat pengalaman dilecehkan oleh laki-laki. Sekalipun Elisa tetap tidak mau berhubungan intim dengannya, Robert tetap menunjukkan kasih sayangnya. Disitulah tumbuh rasa kasih sayang di hati Elisa kepada suaminya. Sekalipun telah menerima berbagai penolakan darinya, Robert tetap sabar kepadanya. Kesabaran Robert membuahkan hasil, hubungan mereka semakin membaik. Elisa pun menerima perlakuan mesra dari Robert, walaupun tidak seutuhnya. Pemulihan hubungan antara Robert dan Elisa membawa mujizat bagi mereka, Tuhan pun mengaruniakan anak bagi mereka setelah bertahun-tahun menantikannya. Bahkan berkat bimbingan seorang pembina rohani, Elisa mengalami pemulihan dan dapat melepaskan pengampunan kepada ayah dan juga pria-pria yang telah melecehkannya.

Mungkin akan lain ceritanya apabila Robert tidak mau merendahkan hatinya untuk menerima kelemahan istrinya saat itu. Pasti hubungan suami istri ini sudah hancur sejak lama. Namun puji Tuhan, Robert memiliki kerendahan hati dan inisiatif untuk membangun komunikasi sehingga terjadi pemulihan dalam keluarganya, sehingga rumah tangganya mengalami berkat serta anugerah yang besar dari Tuhan.

Setiap kita memiliki kehidupan sosial, baik hidup berkeluarga maupun hidup bermasyarakat. Dalam hidup berkeluarga maupun hidup bermasyarakat pastilah kita tidak bisa menghindari apa yang namanya konflik. Konflik itu bisa disebabkan kesalahan pihak lain maupun kita sendiri. Apapun penyebab konflik, penyelesaiannya tergantung pada bagaimana kita menyikapi konflik tersebut. Konflik bisa selesai apabila kita memiliki kerendahan hati dan inisiatif untuk membangun komunikasi. Memiliki kerendahan hati disertai inisatif membangun komunikasi memang tidak mudah, tetapi itu akan menyelamatkan bukan hanya diri kita, tetapi banyak orang di sekeliling kita, terutama keluarga kita. Tuhan Yesus memberkati.

RENUNGAN
KERENDAHAN HATI dalam INISIATIF membangun komunikasi bukan hanya MENYELAMATKAN diri kita, tetapi juga BANYAK ORANG di sekeliling kita

APLIKASI
1. Apa yang dimaksud dengan kerendahan hati?
2. Coba Anda teliti kembali, sudahkah Anda belajar untuk memiliki kerendahan hati?
3. Apa komitmen Saudara untuk memiliki inisIatif membangun komunikasi?

DOA UNTUK HARI INI
“Bapaku yang baik, ajarkan kami Tuhan untuk terus belajar memiliki kerendahan hati dalam membangun komunikasi yang baik. Sebab kami tahu komunikasi yang baik akan membawa banyak dampak untuk diri kami dan orang-orang disekitar kami. Dalam nama Tuhan Yesus, kami sudah berdoa. Amin.”

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.