Menjadi pahlawan yang Tuhan cari

Menjadi pahlawan yang Tuhan cari

BACAAN HARI INI
Yohanes 4:27-42

RHEMA HARI INI
Yohanes 4:35 Bukankah kamu mengatakan: Empat bulan lagi tibalah musim menuai? Tetapi Aku berkata kepadamu: Lihatlah sekelilingmu dan pandanglah ladang-ladang yang sudah menguning dan matang untuk dituai.

Setiap petani padi mengetahui pentingnya untuk tidak menunda-nunda memanen padi. Semakin tua usia padi, semakin banyak gabah yang akan rontok di lahan sawah dan membusuk. Produksi beras pun menurun secara kuantitas. Begitu pula secara kualitas, karena meningkatnya kandungan kapur dalam gabah. Belum lagi serangan hama burung yang menyerbu bulir-bulir padi yang telah masak. Akhirnya, petani pun merugi. Itu sebabnya, sangat penting bagi pemilik lahan pertanian untuk bisa menilai apakah tanaman padinya sudah matang dan siap dituai atau belum.

Dalam bacaan hari ini, Tuhan Yesus pun membicarakan tentang ladang yang telah menguning dan siap untuk dituai kepada murid-murid-Nya. Ketika Yesus mengatakan hal ini, murid-murid-Nya kebingungan karena mereka sedang mempertanyakan apakah Yesus sudah makan atau belum. Namun, sebagai pembaca, kita dapat melihat bahwa pembicaraan ini terjadi sesudah Yesus menemui perempuan Samaria di pinggir sumur dan sebelum perempuan itu membawa banyak orang kepada-Nya. Merekalah “ladang” yang sudah menguning itu. Jiwa-jiwa yang siap “dituai”, yang datang kepada Yesus, dan menjadi percaya kepada-Nya. Khalayak yang mungkin terlewatkan oleh murid-murid Yesus, karena mereka tidak menyadari orang-orang itu sebagai ladang jiwa yang sudah menguning.

Hari ini, cobalah lihat sekeliling Anda, adakah ladang yang sudah menguning itu? Seperti perempuan Samaria yang meninggalkan tempayannya dan masuk ke kota untuk bersaksi tentang Yesus, hendaknya kita juga dapat menyadari potensi jiwa-jiwa yang bisa dituai di mana pun Tuhan menempatkan kita. Ketahuilah, ladang Tuhan sudah semakin menguning. Dia membutuhkan semakin banyak pekerja untuk bekerja di ladang-Nya. Mungkin kita merasa tidak memiliki kualifikasi yang cukup. Namun, kalau kita mau bangkit dan bergerak untuk merebut jiwa-jiwa, Tuhan sendirilah yang akan memperlengkapi kita dengan kualifikasi itu. Dia akan memberikan kita urapan untuk berkuasa, sehingga kita bisa bangkit menjadi pahlawan Kerajaan-Nya. (MV.L)

RENUNGAN
Tuhan MENCARI BANYAK PAHLAWAN untuk bekerja di ladang-Nya, sebab TUAIAN JIWA SANGAT MELIMPAH.

APLIKASI
1. Sudahkah Anda bangkit untuk bekerja di ladang Tuhan dan tidak menunda-nundanya? Mengapa demikian?
2. Mengapa Tuhan mencari banyak pahlawan untuk bekerja di ladang-Nya? Apakah hubungannya dengan Anda?
3. Dengan cara apa Anda bisa bangkit menjadi pahlawan Allah yang bekerja di lading-Nya?

DOA UNTUK HARI INI
“Bapa di sorga, terima kasih karena Engkau telah memanggil dan memilih kami. Kami bersyukur boleh turut campur dalam misi-Mu yang mulia. Urapi kami dengan jiwa pahlawan dan anak yang mengerti kehendak Bapanya di sorga. Sehingga kami siap Engkau pakai untuk menuai jiwa-jiwa yang sudah siap diselamatkan. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.