Rahasia Transformasi Keluarga

BACAAN HARI INI

1 Korintus 11:3-12

RHEMA HARI INI

1 Korintus 11:3 Tetapi aku mau, supaya kamu mengetahui hal ini, yaitu Kepala dari tiap-tiap laki-laki ialah Kristus, kepala dari perempuan ialah laki-laki dan Kepala dari Kristus ialah Allah.

Kehidupan rumah tangga seorang pengusaha dengan istrinya hampir bisa dikatakan tidak pernah sepi. Selalu diwarnai dengan pertengkaran. Istrinya merasa ia tidak pernah mau mengalah; ia sendiri merasa istrinya tidak pernah menghargainya sebagai kepala rumah tangga. Mereka sudah mendatangi banyak konsultan pernikahan, tetapi rumah tangga mereka malah bertambah hancur. Suatu ketika, seorang teman mengajak pengusaha tersebut mengikuti persekutuan bagi para pengusaha. Selama ini, kekristenan hanyalah sebuah formalitas baginya, tetapi ia merasa segan untuk menolak. Topik bahasan persekutuan hari itu ternyata tentang kepala dalam rumah tangga. Melalui yang ia dengarkan, Tuhan menjamahnya dengan luar biasa. Hatinya dilembutkan dan pikirannya diubahkan. Ia menyadari bahwa selama ini ia terlalu menempatkan dirinya di atas istrinya, sehingga ia menuntut terlampau banyak. Padahal, seharusnya Tuhanlah yang menempati posisi teratas dalam keluarganya.

Setelah itu, ia mulai mempraktikkan kehidupan yang baru. Ia menyerahkan segala otoritas atas keluarganya kepada Tuhan. Segala permasalahan keluarga dibawanya ke dalam doa dan ia melakukan apa yang Tuhan ingin ia lakukan bagi keluarganya. Ia pun memperlakukan istrinya dengan penuh kasih. Perlahan, ketegangan rumah tangga mereka mengendur dan bahkan menghilang sama sekali. Bahkan tiap malam mereka mendirikan mezbah keluarga; membaca Alkitab, berdoa, dan memuji Tuhan.

Sebagai orang percaya, hendaknya kita menyadari bahwa kita memiliki kepala di atas kepala keluarga, yaitu Tuhan sendiri. Artinya suami memimpin bukan atas kehendaknya sendiri, tetapi atas dasar kehendak Tuhan. Seperti kapal tanpa nakhoda, rumah tangga tanpa campur tangan Kristus merupakan rumah tangga yang mudah dihancurkan oleh badai dan gelombang kehidupan. Kehidupan rumah tangga yang tidak dibawa kepada Kristus akan berjalan tanpa arah dan tujuan. Kita akan hidup semaunya, hubungan dengan anggota keluarga berantakan, tidak ada damai sejahtera dan setiap orang mencari jalannya sendiri-sendiri. Mari kita jadikan Yesus sebagai Tuhan dalam keluarga. Tuhan Yesus memberkati. (ABU)

RENUNGAN

RAHASIA TRANSFORMASI KELUARGA adalah menjadikan YESUS SEBAGAI TUHAN DALAM KELUARGA; Dialah kepala keluarga kita yang sesungguhnya

APLIKASI

  1. Siapakah yang selama ini berperan menjadi kepala dalam keluarga Anda?
  2. Mengapa kita perlu menempatkan Yesus sebagai Tuhan dan kepala dalam keluarga?
  3. Bagaimana Anda dapat menempatkan Yesus sebagai kepala keluarga?

DOA UNTUK HARI INI

“Bapa dalam Nama Yesus, ajar kami untuk senantiasa menjadikan Yesus sebagai Tuhan dan kepala dalam keluarga kami. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin”

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.