Peran Roh Kudus Dalam Transformasi Keluarga

BACAAN HARI INI

Wahyu 21:1-5

RHEMA HARI INI

Wahyu 21:4 Dan Ia akan menghapus segala air mata dari mata mereka, dan maut tidak akan ada lagi; tidak akan ada lagi perkabungan, atau ratap tangis, atau dukacita, sebab segala sesuatu yang lama itu telah berlalu.”

Ada sepasang suami-istri yang sudah lama menikah. Ketika memasuki tahun ke-15, mereka mulai sering bertengkar sehingga suasana di rumah menjadi kacau balau. Merasa hidup seperti di neraka, mereka pun memutuskan untuk hidup terpisah. Istri bertugas menjaga anak-anak dan suami tetap berkewajiban memenuhi kebutuhan keluarga tiap bulan. Saat itu, Ibu Tan, atasan sang istri di perusahaan tempatnya bekerja, kerap mengabarkan Injil kepadanya. Tak jarang, ibu itu juga mengajak si istri ikut persekutuan. Namun sang istri selalu menolaknya, meski ia mengizinkan Ibu Tan mengajak anak-anaknya ke sekolah minggu. Kemudian ia melihat anak-anaknya menjadi penurut dan baik. Perubahan ini membuatnya tertarik pada kekristenan. Ia mulai mengikuti persekutuan dan mulai mengenal kasih Tuhan. Ia pun menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamatnya.

Setelah beberapa lama, ia mulai merindukan pemulihan dalam keluarganya. Namun, mengenal tabiat suaminya yang keras, rasanya semua itu mustahil. Ia merasa sangat sedih dan menaruhnya dalam doa. Tuhan pun mempertemukan mereka kembali. Menyadari perubahan karakter sang istri, sang suami memutuskan untuk mencoba memulihkan rumah tangga mereka yang sudah hancur. Akhirnya, setelah berpisah sekian lama, pernikahan mereka pun dapat pulih kembali. Kini mereka hidup dalam rumah yang dipenuhi kasih Allah.

Berapa banyak di antara kita yang tengah berputus asa atas keluarganya yang berantakan? Mungkin dalam hubungan suami-istri, orangtua dan anak, atau mertua dan menantu. Seperti suami-istri dalam kisah di atas yang merasa bagai hidup di neraka, kita pun ingin meninggalkan keluarga kita. Namun, ketahuilah, Allah tidak menghendaki satu pun hubungan keluarga hancur berantakan. Dia ingin agar kita dengan keluarga bisa sehati sevisi, kompak, bersatu, penuh dengan kasih dan pengampunan sebagai keluarga Allah. Apa pun masalah yang terjadi, mintalah pertolongan Roh Kudus. Percayalah bahwa dalam Yesus ada harapan. Tuhan sanggup mengubahkan dan memulihkan keluarga kita. Melalui karya kasih-Nya, neraka di bumi akan diubahkan menjadi sorga di bumi. (ABU)

RENUNGAN

Jangan menyerah, MELALUI ROH KUDUS, Tuhan sanggup MEMULIHKAN dan MENTRANSFORMASI KELUARGA kita dengan kasih-Nya yang luar biasa

APLIKASI

  1. Bagaimanakah hubungan Anda dengan anggota keluarga Anda saat ini? Bagaimanakah hubungan itu memengaruhi suasana di rumah?
  2. Apa yang Allah kehendaki bagi kehidupan keluarga Anda? Maukah Anda memiliki kehidupan keluarga yang sesuai dengan kehendak Allah itu?
  3. Komitmen apa yang dapat Anda ambil agar Roh Kudus dapat berperan dalam keluarga Anda?

DOA UNTUK HARI INI

“Bapa dalam nama Yesus, kami percaya dalam Engkau ada pengharapan. Seburuk apa pun keadaan keluarga kami sekarang, kasih-Mu sanggup sanggup memulihkan dan mentransformasi keluarga kami. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin”

BACAAN ALKITAB SETAHUN
1 Korintus 1-4

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.