Memperjuangkan kebahagiaan keluarga

RENUNGAN KELUARGA ALLAH
HARI 2#
Memperjuangkan Kebahagiaan Keluarga

BACAAN HARI INI
Pengkhotbah 9:5-12

RHEMA HARI INI
Pengkhotbah 9:10a Segala sesuatu yang dijumpai tanganmu untuk dikerjakan, kerjakanlah itu sekuat tenaga

Kendati Kim bukan juru masak yang hebat, ia memutuskan untuk mencoba membuat sesuatu untuk perjamuan kasih gereja. Sepanjang jalan menuju acara itu, ia dan suaminya, Hank, bisa mencium aroma saus yang gosong. Saat mereka tiba di perjamuan kasih, kaserol tersebut diletakkan di meja bersama piring-piring masakan lain. Sebelum siapa pun sampai ke meja itu, Hank mencicipinya. Pandangan matanya memastikan mimpi terburuk bagi Kim. Lalu, sebelum orang lain sampai ke meja itu, Hank mengangkat kaserol tersebut dan mengumumkan bahwa ia akan menjadi seorang yang rakus dan memakan sendiri kaserol masakan istrinya itu. Ia duduk di sebuah sudut ruangan dan dengan “gagah berani” melahap semuanya sebelum orang lain dapat mencobanya. Itu hanyalah salah satu kejadian di mana Hank menempatkan kebahagiaan istrinya di atas kenyamanannya sendiri. Selama bertahan-tahun, Kim mengatakan kepada teman-temannya, “Saat itu aku menyadari betapa aku bersyukur menikahi seorang yang sangat memperjuangkan dan mengusahakan kebahagiaan dalam keluarga.”

Segala sesuatu ada harganya. “Makin mahal harganya, semakin tinggi kualitas barangnya.” Kita semua tentu setuju dengan ungkapan itu. Dalam segala hal, perjuangan kita menentukan hasil akhir yang kita dapatkan. Demikian juga dengan keluarga kita. Sudah barang tentu setiap orang merindukan keluarga yang harmonis, dengan suasana sorga di dalamnya. Namun, apakah semua itu bisa dicapai secara gratis? Oh, tentu tidak.

Ketika kita mengharapkan kebahagiaan bagi keluarga, kita tidak bisa bersikap pasif. Kebahagiaan itu tidak datang begitu saja. Dibutuhkan kerja keras dan saling pengertian satu sama lain. Suami mempraktikkan firman Tuhan dengan mengasihi istri seperti Kristus mengasihi jemaat-Nya, dan istri pun tunduk kepada suami seperti yang Tuhan ajarkan. Bukan hal yang mudah. Namun saat kita mau berkomitmen dan dengan sungguh hati mengusahakan serta memperjuangkan kebahagiaan keluarga kita, Roh Kudus akan bekerja dan mewujudkan apa yang menjadi impian kita. Amin.

RENUNGAN
Jika kita menginginkan KEBAHAGIAAN DALAM KELUARGA, maka kita harus AKTIF MENGUSAHAKAN dan MEMPERJUANGKANNYA

APLIKASI
1. Sudahkah Anda memperjuangkan kebahagiaan keluarga Anda selama ini? Mengapa?
2. Mengapa Anda perlu mengusahakan kebahagiaan keluarga Anda? Apa kaitannya dengan firman Tuhan?
3. Apa saja yang dapat Anda lakukan untuk memperjuangkan kebahagiaan keluarga Anda?

DOA UNTUK HARI INI
“Bapa, Engkau yang mengetahui sudut-sudut hati kami. Engkau tahu kerinduan kami agar keluarga kami dapat menjadi keluarga yang berbahagia di dalam-Mu. Pimpinlah kami, agar kami memperoleh hati yang rela memperjuangkan keluarga kami, seberapa pun harganya. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

BACAAN ALKITAB SETAHUN
Kisah Para Rasul 20-23

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.