Menarik kuasa Allah atas keluarga kita

BACAAN HARI INI:
Kolose 3:13-21

RHEMA HARI INI:

Kolose 3:17 Dan segala sesuatu yang kamu lakukan dengan perkataan atau perbuatan, lakukanlah semuanya itu dalam nama Tuhan Yesus, sambil mengucap syukur oleh Dia kepada Allah, Bapa kita.

Mengapa ayahku begitu otoriter? Mengapa ibuku tidak pernah mengerti diriku? Mengapa kakakku tidak bisa diandalkan? Mengapa anakku selalu membangkang? Mengapa keluargaku tidak bisa seperti keluarga lainnya? Saat kita melihat keluarga kita, apakah yang kita pikirkan dan rasakan tentang mereka? Mungkin, ada begitu banyak hal dalam keluarga kita yang ingin kita ubah. Boleh jadi, kita juga sudah sering berusaha untuk memperbaiki keadaan. Namun, perjuangan kita seperti tidak ada artinya. Bukannya membaik, keadaan malah semakin memburuk dari hari ke hari.

Namun, seburuk apa pun situasi dalam keluarga kita, kita selalu bisa memilih untuk mengucap syukur. Benar, ketika firman Tuhan mengatakan agar kita mengucap syukur dalam segala hal, tentu hal itu bukanlah tanpa alasan. Sebab, ketika kita hanya bisa mengeluh, hati kita kehilangan kemampuan untuk melihat apa yang baik yang telah Tuhan sediakan bagi kita. Kita akan makin menjadi pribadi yang gampang kecewa dan bahkan berhenti berusaha untuk memperbaiki keadaan dalam keluarga kita.

Sebaliknya, ketika kita belajar untuk mengucap syukur akan hal-hal kecil. Bahwa segenting apa pun kondisi keluarga kita, Tuhan tetap mempersatukan kita dengan mereka dalam ikatan keluarga. Bahwa meskipun mereka tidak berlaku sebagaimana yang kita inginkan, mereka ada bersama kita. Tidak apa jika hari ini usaha kita untuk berbaikan dengan mereka tidak bersambut. Tidak apa jika pertengkaran masih terus terjadi. Percayalah bahwa Tuhan masih memegang kendali. Ketika kita terus mengucap syukur untuk hal-hal yang tidak berjalan sesuai dengan keinginan kita, saat itu sebenarnya kita tengah menyatakan iman kepada Tuhan. Damai sejahtera dan sukacita yang dari pada-Nya akan mengalir memenuhi hati kita. Iman yang kita perkatakan di hati dan mulut kita pun boleh diperkokoh lagi dan lagi. Demikianlah, ucapan syukur kita menarik kuasa Allah bekerja secara nyata dalam keluarga kita.

RENUNGAN:

Perjuangan yang PENUH UCAPAN SYUKUR menarik KUASA ALLAH BEKERJA SECARA NYATA dalam keluarga kita

APLIKASI:

Mengapa ucapan syukur dapat menarik kuasa Allah dalam memperjuangkan keluarga Anda?
Sudahkah Anda mensyukuri keluarga Anda, apa pun kondisinya? Mengapa?
Bagaimana Anda dapat mengucap syukur dalam segala situasi keluarga Anda yang tidak mengenakkan?

DOA UNTUK HARI INI:

“Tuhan Yesus, berikanlah kami juga hati yang mampu untuk terus mengucap syukur atas apa pun yang terjadi dalam keluarga kami. Kami percaya, ya, Bapa, bahwa perhatian-Mu tidak pernah luput atas kami dan Engkau terlebih mampu untuk mengubahkan segala sesuatunya. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.