Arti hidup mengikut Yesus

BACAAN HARI INI

Kisah Para Rasul 20:16-24

RHEMA HARI INI

Kisah Para Rasul 20:24 Tetapi aku tidak menghiraukan nyawaku sedikitpun, asal saja aku dapat mencapai garis akhir dan menyelesaikan pelayanan yang ditugaskan oleh Tuhan Yesus kepadaku untuk memberi kesaksian tentang Injil kasih karunia Allah.

Pada pertengahan abad ke-2, Polikarpus merupakan pemimpin gereja di Smirna dan salah satu rasul Kristen mula-mula yang terakhir. Saat itu, penganiayaan mulai merajalela di Smirna. Polikarpus pun disembunyikan sahabat-sahabatnya di sebuah desa. Namun, usaha mereka gagal. Para tentara Roma memukannya. Dalam perjalanan ke Smirna, kepala pasukan berupaya membuatnya menyangkali Yesus, tetapi Polikarpus bergeming. Begitu pula di hadapan Gubernur Roma yang mengadilinya. Ia bahkan berusaha menginjili sang Gubernur. Akhirnya, ia digiring untuk dibakar hidup-hidup. Saat diikat ke sebuah tiang, Polikarpus menaikan doa dan memuji kebesaran Tuhan dengan lantang. Lalu api dinyalakan. Namun, menurut catatan sejarah dan saksi mata, tubuhnya tidak termakan api. Bahkan, saat itu tercium aroma kemenyan dan rempah-rempah yang mahal. Ia baru menemui ajalnya ketika algojo menikamnya dengan pedang. Kematian Polikarpus ini tidak melemahkan umat kristiani seperti yang ditakutkan saat itu. Malah, kisah martirnya telah menginspirasi dan menguatkan iman banyak orang, bahkan hingga saat ini.

Ketika hidup berjalan normal, ibadah di gereja tidak ada gangguan, kelompok sel tidak ada hambatan, mengakui diri sebagai pengikut Kristus di tempat kerja atau keluarga tidak menimbulkan masalah, maka mengikut Yesus akan terasa ringan. Namun, ketika ada tantangan yang besar menghadang di depan kita, maka di situlah iman kita diuji. Apakah kita berani memikul salib sampai akhir seperti Polikarpus atau kita akan meninggalkan-Nya?

Benar, mengikut Yesus tidak membuat hidup kita menjadi lebih mudah. Namun, percayalah, penderitaan yang kita alami sekarang tidak dapat dibandingkan dengan kemuliaan kekal yang akan kita peroleh nanti. Pilihan hidup kita saat inilah yang akan menentukan bagaimana kita akan memperoleh upah atau ganjaran kita di kekekalan. Selama kita hidup di dunia ini, mengikut Yesus juga berarti siap menderita pikul salib bagi-Nya dan tetap melayani-Nya tidak peduli apa pun yang terjadi. Tuhan Yesus memberkati. (ABU)

RENUNGAN

MENGIKUT YESUS berarti SIAP MENDERITA PIKUL SALIB bagi-Nya dan TETAP MELAYANI-NYA tidak peduli apa pun yang terjadi

APLIKASI

  1. Apakah yang selama ini anda lakukan apabila ada tantangan terhadap iman anda?
  2. Menurut Anda, apakah artinya mengikut Yesus selama ini? Apakah Anda siap menderita bagi-Nya?
  3. Bagaimana Anda dapat memperkuat komitmen Anda dalam mengikut Yesus?

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.