Mematahkan roh yang mengandalkan diri sendiri

BACAAN HARI INI
Yeremia 17:5-10

RHEMA HARI INI
Yeremia 17:5 Beginilah firman TUHAN: “Terkutuklah orang yang mengandalkan manusia, yang mengandalkan kekuatannya sendiri, dan yang hatinya menjauh dari pada TUHAN!

Bangsa Yehuda merupakan bangsa pilihan Tuhan yang ikut masuk dalam Tanah Perjanjian. Namun, ketika bangsa Yehuda berada dalam tekanan bangsa-bangsa besar di sekitarnya, mereka lupa untuk mengandalkan Tuhan. Justru, mereka mengandalkan kekuatan sendiri dengan menyembah berhala dari bangsa-bangsa itu dan menjalin persekutuan dengan beberapa dari mereka. Bangsa Yehuda berharap bisa dilindungi oleh bangsa yang berhalanya mereka sembah. Akibatnya, Tuhan mengutuk bangsa Yehuda dan bangsa itu berakhir dengan keterpurukan. Harta mereka dirampas dan mereka diangkut menjadi budak di tanah asing.

Dalam kehidupan sehari-hari, kita juga sering melihat orang-orang yang mengandalkan kekuatannya sendiri di sekeliling kita, atau mungkin kita adalah salah satunya. Mereka yang meninggalkan iman mereka demi jabatan dan pasangan hidup. Mereka yang korupsi karena takut miskin. Mereka yang melayani Tuhan dengan mengandalkan kemampuannya sendiri tanpa melibatkan Tuhan. Begitu banyak contoh orang yang mengandalkan kekuatannya sendiri. Firman Tuhan berkata, sikap tersebut mendatangkan kutuk yang mengakibatkan penderitaan dan kesulitan.

Bila mengandalkan kekuatan sendiri mendatangkan kutuk bagi kita, maka mengandalkan Tuhan akan mendatangkan berkat, yang memberikan kekuatan meskipun berhadapan dengan berbagai tantangan dan tekanan. Berkat yang tidak akan berhenti menghasilkan buah dalam musim kekeringan. Hari ini, jadilah bijak dan pilihlah untuk mengandalkan Tuhan dalam segala perbuatan kita. Patahkan roh mengandalkan diri sendiri dengan mengakui bahwa hanya Tuhan sumber segalanya bagi kita. Jangan menukarkan iman kita dengan jabatan. Jangan korupsi demi memenuhi keinginan duniawi kita. Jangan melayani dengan kemampuan kita sendiri. Jangan memimpin rumah tangga dengan kekuatan kita sendiri. Jangan memperjuangkan bisnis dengan hikmat kita sendiri. Mulai saat ini, jadikanlah Tuhan Sumber Kekuatan, Sumber Kehidupan, Sumber Berkat, Sumber Kesembuhan, Sumber Kemenangan, dan sumber segalanya dalam hidup kita. Maka kita akan melihat Tuhan bertindak dengan dahsyat dalam hidup kita.

RENUNGAN
Jangan berjuang dengan kekuatan sendiri; ANDALKANLAH TUHAN dalam SEGALA PERBUATAN kita, maka Dia akan BERTINDAK DENGAN DAHSYAT

APLIKASI
1. Siapakah yang Anda andalkan dalam hidup Anda? Mengapa?
2. Apa yang Anda alami saat Anda mengandalkan Tuhan atau tidak mengandalkan-Nya dalam setiap tindakan Anda?
3. Bagaimana cara Anda mengandalkan Tuhan dalam hidup Anda?

DOA UNTUK HARI INI
“Bapa yang baik, kami mau mengandalkan Engkau dalam segala hal, sehingga kami boleh mengalami pertolongan-Mu yang dahsyat dalam hidup kami. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin”

BACAAN ALKITAB SETAHUN
Imamat 14-16

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.