Berkat yang terindah dan teristimewa

BACAAN HARI INI

2 Korintus 8:1-5

RHEMA HARI INI

2 Korintus 8:1-2 Saudara-saudara, kami hendak memberitahukan kepada kamu tentang kasih karunia yang dianugerahkan kepada jemaat-jemaat di Makedonia. Selagi dicobai dengan berat dalam pelbagai penderitaan, sukacita mereka meluap dan meskipun mereka sangat miskin, namun mereka kaya dalam kemurahan.

Kaya akan penderitaan dan kemiskinan ekstrem, itulah identitas jemaat Makedonia. Bahkan awalnya mereka belum menerima ataupun mengenal Injil dan keselamatan. Sampai suatu malam, Paulus mendapatkan penglihatan seorang Makedonia berdiri dan berseru kepadanya meminta pertolongan. Sinyal dari Roh Kudus direspons cepat oleh Paulus. Ia pun berangkat ke Makedonia. Kehausan dan kelaparan akan hadirat Tuhan membuat jemaat Makedonia seperti spons kering yang menyerap habis semua air yang diterimanya. Mereka pun dilawat Roh Kudus dan mengalami transformasi. Memang secara fisik belum tampak adanya perubahan, akan tetapi buah Roh yang membawa kebangunan rohani bertumbuh dengan luar biasa. Sekalipun dicobai dengan berat dalam pelbagai penderitaan dan kemiskinan, tetapi hati mereka tidak menjadi keras, pahit, marah, dan kecewa. Hati mereka tetap manis, penuh kemurahan, dan meluap dengan sukacita. Bagi mereka, memberi bukan lagi suatu kewajiban, melainkan kerinduan. Adalah satu kehormatan apabila mereka dapat menabur di ladang Tuhan, meskipun harus mengencangkan ikat pinggang.

Sukacita ilahi adalah kasih karunia Allah. Sukacita ini tidak sama dengan sukacita dunia. Sukacita dari Tuhan membuat kita tetap bersukacita sekalipun mengalami berbagai pencobaan dan penderitaan. Itulah keajaiban dari sukacita ilahi. Paulus, Petrus, Suster Teresa, Corrie Ten Boom adalah pahlawan-pahlawan Tuhan yang telah melalui berbagai pencobaan yang luar biasa berat, bahkan mereka harus bertaruh nyawa. Namun, sukacita dari Tuhan membuat mereka kuat memikul salib sampai akhir.

Pencobaan yang sangat berat, menekan, dan bertubi-tubi, mungkin menjadi pergumulan Anda saat ini. Namun, janganlah kehilangan pengharapan. Bersukacitalah senantiasa! Buka hati dan terimalah sukacita dari Roh Kudus. Izinkanlah Roh Kudus menumbuhkan benih sukacita yang melampaui akal pikiran manusia, yang membuat kita kuat dalam tekanan, sehingga hati kita tetap manis, penuh dengan kemurahan, dan melimpah dengan ucapan syukur. Tetaplah bergairah untuk melayani Tuhan dan berbuah lebat bagi kemuliaan nama Tuhan. Pribadi yang telah rela jadi miskin, supaya kita menjadi kaya, yang telah mengorbankan nyawa-Nya ganti dosa kita.

RENUNGAN

SUKACITA DARI TUHAN membuat kita TETAP BERSUKACITA sekalipun mengalami berbagai PENCOBAAN dan PENDERITAAN

APLIKASI

  1. Sudahkah hati Anda dipenuhi sukacita yang dari Tuhan hari ini? Mengapa?
  2. Mana yang bersifat sementara, dan mana yang bersifat kekal, sukacita ilahi ataukah sukacita dunia? Manakah yang lebih saudara ingini?
  3. Apa kelebihan orang yang hidupnya dipenuhi sukacita dari Tuhan? Bagaimana cara mendapatkan sukacita dari Tuhan?

DOA UNTUK HARI INI

“Bapa Yang Baik, penuhi hati kami dengan sukacita-Mu, sehingga kami boleh mengalami keajaiban sukacita Ilahi; kami boleh menang atas goncangan dan tekanan seberat apa pun. Kami rindu menjadi anak-anak rohani yang kuat dan tidak mudah menyerah dalam menghadapi pergumulan; menjadi lebih dari pemenang dan memenuhi syarat untuk menjadi pahlawan-pahlawan Tuhan. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.