Kesabaran yang membawa kemuliaan bagi Tuhan

BACAAN HARI INI

Roma 12:9-16

RHEMA HARI INI

Roma 12:12 Bersukacitalah dalam pengharapan, sabarlah dalam kesesakan, dan bertekunlah dalam doa!

Ditinggal suami dengan tujuh anak yang masih kecil tanpa uang sepeser pun bukanlah hal yang mudah. Namun Bertha Iriani Mariana tetap percaya pada pertolongan Tuhan. Ia pun ingin memberikan harapan bagi anak-anaknya bahwa suatu saat keluarga mereka akan utuh kembali. Sambil terus berjuang memenuhi kebutuhan keluarganya, setiap hari ia dan ketujuh anaknya mendoakan agar suaminya bisa pulang. Mulai tahun kelima, anak-anaknya mulai bosan dengan doa yang tak kunjung terjawab. Pada tahun kesembilan, enam dari mereka menyerah. Hanya satu anaknya yang meminta Bertha untuk tetap bersabar menantikan Tuhan dan agar tidak menikah lagi. Di tahun keempat belas, perjuangan mereka dalam doa pun membuahkan hasil. Akhirnya sang ayah kembali ke rumah.

Itulah sepenggal kisah yang sering dibawakan Robby Sugara beserta istrinya, Bertha, ketika mereka berkeliling memberikan kesaksian mereka. Kisah mereka menunjukkan bahwa ketika kita menghadapi badai permasalahan, kualitas kekristenan kita turut diuji. Masihkah kita tetap sabar dan bertekun dalam doa walaupun pencobaan begitu kuat menekan? Benar, bukan tanpa alasan Tuhan meminta kita untuk sabar dalam kesesakan. Kadang kala, kesesakan dan masalah itu bagaikan pasir isap. Semakin kita tidak sabar dan panik, semakin kuat pula pasir itu mengisap kita. Karena itulah, Tuhan menghendaki kita bersabar dalam menghadapi persoalan hidup kita di dunia. Dia ingin kita tetap berharap dan kuat bertahan dalam kesabaran.

Apa pun beban hidup kita saat ini, datanglah kepada Tuhan Yesus dan tetaplah berharap kepada-Nya. Apabila saat ini kita menghadapi berbagai permasalahan, baik itu dalam keluarga, pekerjaan, maupun pelayanan, tetaplah berdoa. Percayalah Tuhan akan menyelesaikan segala permasalahan kita. Teruslah bertekun dalam doa. Kekuatan yang kita temukan dalam doa akan menumbuhkan kesabaran kita. Biarlah ketika Tuhan menggenapi janji pertolongan-Nya, hal itu bisa menjadi kesaksian bagi kemuliaan-Nya. Agar orang banyak dapat melihat pengharapan dalam Kristus dan mereka pun bangkit di dalam-Nya. Saat itulah, revival dapat dinyatakan dengan dahsyat. Tuhan Yesus memberkati. (ABU)

RENUNGAN

Saat kita TAHAN MENGHADAPI COBAAN, maka BUAH ROH SABAR yang semakin lebat dalam hidup kita akan membawa KEMULIAAN BAGI TUHAN

APLIKASI

  1. Cobaan apa yang pernah atau sedang Anda alami? Bagaimana Anda menghadapinya selama ini?
  2. Mengapa Anda perlu bertahan dalam menghadapi permasalahan Anda?
  3. Bagaimanakah Anda dapat bertahan dalam menghadapi permasalahan Anda?

DOA UNTUK HARI INI

“Bapa dalam nama Yesus, tuntunlah kami agar kami dapat bersabar dalam segala pencobaan yang kami hadapi. Kami percaya ketika kami mau bersabar, maka kami akan membawa kemuliaan bagi nama-Mu. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.