Cara menggarami dan menerangi dunia

BACAAN HARI INI
Ibrani 13:1-16

RHEMA HARI INI
Ibrani 13:16 Dan janganlah kamu lupa berbuat baik dan memberi bantuan, sebab korban-korban yang demikianlah yang berkenan kepada Allah.

Ita yang berusia lima tahun bersekolah di Taman Kanak-Kanak. Setiap hari, ibunya selalu membawakan bekal makanan dan pensil serta penghapus berlebih. Ibunya selalu berpesan, jika ada temannya yang tidak membawa pensil atau penghapus, Ita harus memberikan pinjaman. Begitu juga dengan makanan, ia harus membaginya dengan temannya. Setiap hari, Ita selalu membagi bekal makanannya dengan teman-temannya. Bukan hanya mereka yang senang, Ita pun merasa gembira karena bisa berbagi. Ini hanyalah contoh sederhana dari melakukan suatu kebaikan.

Kita hidup di lingkungan yang beragam. Baik di sekolah, tempat kerja, ataupun tempat tinggal. Tidak semua teman-teman dan kerabat kita adalah anak-anak Tuhan, bahkan mungkin hanya kita satu-satunya yang percaya Tuhan Yesus di keluarga atau di lingkungan kerja kita. Namun demikian, hidup kita tidak harus sama dengan mereka. Kita harus bisa menjalankan fungsi dan peran kita sebagai garam dan terang dunia. Garam yang selalu memberi rasa dan terang yang selalu bercahaya di tengah kegelapan dunia. Bagaimana caranya supaya bisa menggarami dan menerangi dunia ini? Salah satunya adalah dengan melakukan perbuatan yang baik. Perbuatan baik harus kita lakukan kepada semua orang tanpa memandang perbedaan yang ada, bahkan kita juga harus tetap berbuat baik kepada orang yang membenci kita. Sebab itulah yang membedakan kita dengan orang-orang dunia.

Benar, anak-anak Tuhan yang sungguh-sungguh hidup dalam Roh pasti akan menghasilkan buah Roh dalam hidupya. Salah satunya adalah buah Roh kebaikan. Ketika kita penuh dengan Roh Kudus, maka buah Roh kebaikan akan semakin lebat terpancar dalam hidup kita, sehingga semakin banyak pula buah-buah kebaikan yang bisa dirasakan orang lain melalui hidup kita. Kebaikan itu bisa mulai dari perkataan, perilaku, pikiran, dan sikap kita. Jika kita melakukannya dengan sungguh-sungguh, kebaikan-kebaikan kita bukan hanya akan memberikan dampak positif bagi lingkungan kita, tetapi juga membawa mereka untuk mengenal Tuhan, sehingga suatu kebangunan rohani yang dahsyat terjadi di mana kita berada. (LEW)

 

RENUNGAN
Cara terbaik untuk MENGGARAMI dan MENERANGI DUNIA adalah dengan BERBUAT BAIK

APLIKASI
1. Sudahkah kita menjalankan fungsi kita sebagai garam dan terang dunia di lingkungan kita? Mengapa?
2. Hal-hal apa yang menghalangi Anda berbuat baik?
3. Apa komitmen Anda untuk keluarga atau teman-teman Anda dalam hal berbuat baik?

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan Yesus, ajar kami selalu meneladani-Mu menjadi garam dan terang bagi dunia ini. Tuntun kami untuk selalu bisa berbuat baik kepada semua orang, sehingga hidup kami berdampak untuk mereka. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

BACAAN ALKITAB SETAHUN
Hakim-Hakim 13-15

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.