Ajaibnya janji Tuhan

BACAAN HARI INI

Matius 1:18-25

RHEMA HARI INI

Matius 1:22-23 Hal itu terjadi supaya genaplah yang difirmankan Tuhan oleh nabi: “Sesungguhnya, anak dara itu akan mengandung dan melahirkan seorang anak laki-laki, dan mereka akan menamakan Dia Imanuel” –yang berarti: Allah menyertai kita.

Tuhan bukanlah Allah yang pelupa. Apa yang telah difirmankannya tidak akan pernah berakhir sia-sia. Di momen-momen menuju Natal yang penuh keajaiban ini, kita pun diingatkan kembali pada ajaibnya janji Tuhan. Ya, kelahiran Tuhan Yesus ke dunia ini bukan hanya pernyataan betapa besarnya kasih Bapa kepada kita, tetapi juga bukti bahwa Dia selalu menepati perkataan-Nya. Jauh sebelum Maria mengandung, melahirkan Yesus di Betlehem, atau sebelum Yusuf beserta Maria menyembunyikan bayi Yesus di Mesir, kemudian membawa-Nya kembali ke Israel dan tinggal di Nazaret, semua itu telah terlebih dahulu difirmankan Allah melalui nabi-nabi-Nya.

Jika kita menelusuri seluruh Perjanjian Lama, kita pun akan menemukan berbagai jejak rencana yang ditinggalkan Allah. Sekitar 750 tahun sebelum Yesus lahir dan hidup sebagai manusia, Yesaya telah menubuatkan seorang perawan akan mengandung serta melahirkan anak laki-laki (Yes. 7:14). Mikha menubuatkan kota kecil Betlehem sebagai tempat kelahiran Sang Raja (Mi. 5:1). Dalam nubuatan Hosea, tersirat Anak Allah akan tinggal dan keluar dari Mesir (Hos. 11:1). Bahkan melalui Yeremia, Yesaya, dan Zakharia, Allah memberikan petunjuk tentang kota Nazaret yang belum ada pada masa mereka, tetapi bunyinya mirip dengan kata Ibrani “Netzer” yang berarti tunas (Yer. 23:5, Yes. 11:1, Zak. 6:12; band. Why. 22:16).

Semua nubuatan yang Allah perkatakan melalui nabi-nabi-Nya yang hidup ratusan tahun, bahkan tiga perempat milienium ini, tidak ada satu pun yang tidak terlaksana. Kenyataan ini membuktikan bahwa tidak peduli seberapa lama pun waktu yang telah berlalu, Tuhan tidak pernah lupa menggenapi setiap janji-Nya. Demikian pula dengan janji-Nya dalam hidup kita. Meski saat ini tidak tampak tanda-tandanya sedikit pun juga dan bahkan terasa begitu mustahil, percayalah bahwa Dia adalah Allah yang ajaib tengah mengerjakan segala sesuatunya untuk hasil yang terbaik di waktu yang terindah bagi kita. (MV.L)

RENUNGAN

JANJI TUHAN ITU AJAIB; tidak peduli seberapa sukar, tidak mungkin, dan lamanya, janji Tuhan dalam hidup kita PASTI TERGENAPI

APLIKASI

  1. Apakah saat ini ada janji Tuhan dalam hidup Anda yang belum tergenapi? Apakah yang Anda rasakan saat Anda tengah menanti janji-Nya?
  2. Menurut Anda, mengapa janji Tuhan itu ajaib?
  3. Bagaimana Anda bisa memiliki sikap hati yang benar saat menantikan janji-Nya?

DOA UNTUK HARI INI

“Bapa, kami percaya Engkau lebih dari peduli pada hidup kami. Kuatkanlah hati kami dan bukalah mata kami, agar kami dapat melihat ajaibnya janji-Mu bagi kami. Hingga hati kami pun dapat terus bersukacita saat kami terus menantikan-Mu. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.