Melakukan bagian kita dalam janji Tuhan

BACAAN HARI INI
Matius 7:7-11

RHEMA HARI INI
Matius 7:7-8 “Mintalah, maka akan diberikan kepadamu; carilah, maka kamu akan mendapat; ketoklah, maka pintu akan dibukakan bagimu. Karena setiap orang yang meminta, menerima dan setiap orang yang mencari, mendapat dan setiap orang yang mengetok, baginya pintu dibukakan.

Menantikan janji Tuhan bukanlah penantian yang pasif. Banyak dari kita yang terkadang membayangkan masa penantian seperti duduk berama-ramai di ruang tunggu dokter. Menunggu giliran untuk dipanggil. Kita hanya bisa pasrah dan bertanya-tanya apakah pasien yang sedang diperiksa dokter akan cepat selesai atau tidak. Kalau cepat, giliran kita akan semakin cepat sampai. Kalau tidak, kita pun harus sabar menanti lebih lama lagi.

Kita perlu menyadari, kita tidak sedang berada di ruang tunggu. Tuhan juga bukanlah dokter manusia yang hanya bisa mengurusi satu pasien dalam satu waktu. Sering kalinya, kita belum juga menerima janji itu bukan karena Dia terlalu sibuk dengan masalah orang lain, sehingga belum bekerja dalam hidup kita, atau janji itu tidak tersedia bagi kita. Firman Tuhan jelas mengatakan Allah telah mengaruniakan segala sesuatunya kepada kita bersamaan dengan Anak-Nya yang tunggal yang terlahir ke dunia untuk menebus kita semua dari kebinasaan.

Namun, kelahiran Bayi Yesus hanya akan menjadi cerita saja, kalau kita tidak mempercayainya. Janji itu hanya tinggal janji, kalau kita tidak melakukan apa yang Tuhan ingin kita perbuat. Percayalah, Allah adalah Bapa yang baik, yang mengerti segala keperluan kita. Dia akan memberikan kita pemberian yang jauh lebih baik dari yang dapat kita bayangkan. Hanya saja, ada satu langkah yang perlu kita lakukan sebelum menerimanya. Sama seperti saat kita ingin memasuki sebuah pintu, selama kita tidak mengetok, orang yang berada di balik pintu itu tidak tahu bahwa kita sudah berdiri di depan pintu atau ingin masuk. Setelah dibuka pun, kita masih perlu melangkah masuk. Ya, hanya ketika kita mulai bertindak, saat itulah janji Tuhan terikat pada kita. Tetaplah setia melangkah sampai akhir. Tidak bisa tidak, hidup kita akan penuh berkat. Berkat di dunia, terlebih berkat di sorga. Amin.

RENUNGAN
LAKUKANLAH BAGIAN KITA dalam janji Tuhan DENGAN SETIA, maka Tuhan akan MENGERJAKAN BAGIAN-NYA menggenapi janji-Nya dalam hidup kita

APLIKASI
1. Sudahkah Anda mengetahui bagian yang perlu Anda kerjakan dalam janji yang Tuhan berikan? Apa sajakah itu?
2. Mengapa Anda perlu melakukan bagian Anda dalam janji Tuhan?
3. Bagaimana Anda dapat melakukan bagian Anda dalam janji Tuhan yang tengah Anda nantikan saat ini?

DOA UNTUK HARI INI
“Bapa, terima kasih karena Engkau menyediakan janji-janji-Mu yang memberikan kami harapan akan masa depan. Bantu kami untuk mengenali bagian kami dan mampukan kami saat kami melakukannya bagi-Mu. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

BACAAN ALKITAB SETAHUN
Mazmur 65-67, 69-70

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.