Merenungkan janji Tuhan

BACAAN HARI INI
Mazmur 119:129-149

RHEMA HARI INI
Mazmur 119:148 Aku bangun mendahului waktu jaga malam untuk merenungkan janji-Mu.

Dalam setiap waktu kehidupan, kita selalu berhadapan dengan berbagai masalah. Dari masalah yang ringan sampai masalah yang seperti badai yang hendak menelan kita. Terkadang, kita begitu terhanyut dalam permasalahan-permasalahan kita, hingga akhirnya mengambil keputusan yang keliru dan bertentangan dengan firman Tuhan. Padahal, Tuhan sudah menganugerahkan janji-Nya kepada mereka yang percaya kepada-Nya. Bukan hanya janji akan keselamatan, tetapi juga kesehatan dan kesembuhan, berkat yang melimpah, pemulihan, masa depan yang penuh harapan, serta janji akan kemenangan demi kemenangan yang akan kita alami dalam hidup bersama Kristus. Supaya tetap dapat berdiri teguh dalam kebenaran, kita pun perlu berpegang pada janji Tuhan.

Inilah yang dilakukan Daud. Ia begitu mencintai Taurat Tuhan dan janji yang terkandung di dalamnya. Sehingga meskipun ia sering berhadapan dengan situasi mendesak, kakinya tetap berpijak pada janji Tuhan. Bukan hanya di saat-saat sulit, dalam waktu yang baik, ia juga mengambil waktu setiap pagi untuk merenungkan janji-Nya serta memuji menyembah Tuhan. Akhirnya, ia pun terus-menerus mengalami penggenapan janji Tuhan dalam hidupnya. Bahkan, Allah memberikan janji yang melebihi pengharapan Daud. Kerajaannya diperkokoh sampai selama-lamanya melalui Kristus Yesus yang terlahir dari garis keturunannya. Janji yang bukan hanya dinikmati Daud, seluruh umat manusia pun boleh menerima keselamatan melalui Yesus.

Untuk itulah, sangat penting bagi kita untuk mengerti apa janji Tuhan kepada kita anak-anakNya. Perbanyaklah membaca dan merenungkan firman Tuhan. Ambil waktu terbaik. Bila perlu, bangunlah lebih pagi lagi. Firman itu akan menjadi pelita bagi kaki kita dan menerangi setiap langkah hidup kita. Firman-Nya akan meneguhkan kembali hati yang mulai ragu dan melemah. Selain itu, deklarasikan janji Tuhan dalam doa. Doa yang penuh syukur dan sukacita karena mengetahui bahwa Tuhan kita setia dan perkasa lebih dari semua masalah kita. Doa seperti itulah yang akan menyentuh hati Tuhan dan Dia pun tidak akan tahan untuk tidak menjawab doa-doa kita.

RENUNGAN
Saat kita mendisiplin diri untuk MERENUNGKAN JANJI TUHAN serta BERDOA DENGAN SUKACITA, maka Tuhan akan MENJAWAB DOA-DOA kita

APLIKASI
1. Apakah Anda sudah memiliki waktu khusus untuk membaca dan merenungkan firman? Mengapa?
2. Mengapa kita perlu merenungkan janji Tuhan? Di mana kita dapat menemukan janji-janji Tuhan?
3. Adakah janji yang menjadi ayat Rhema bagi Anda? Sebutkanlah.

DOA UNTUK HARI INI
“Terima kasih Tuhan, janji-Mu menghidupkan kami dan memberi kami kekuatan yang baru. Kami percaya, Tuhan, semua janji-Mu pasti Kau genapi. Cara-Mu ajaib dan kami bersyukur mempunyai Allah yang dahsyat seperti Engkau. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

BACAAN ALKITAB SETAHUN
2 Samuel 11-12
1 Tawarikh 20

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.