Tuntunan Tuhan yang ajaib

BACAAN HARI INI
Yesaya 58:11-14

RHEMA HARI INI
Yesaya 58:11 TUHAN akan menuntun engkau senantiasa dan akan memuaskan hatimu di tanah yang kering, dan akan membaharui kekuatanmu; engkau akan seperti taman yang diairi dengan baik dan seperti mata air yang tidak pernah mengecewakan.

Sudahkah Anda membuat resolusi tahun 2018? Di setiap penghujung tahun, biasanya mungkin kita sudah mulai menuliskan atau setidaknya memikirkan apa yang ingin kita capai dan lakukan di tahun berikutnya. Beberapa dari kita bahkan mempunyai daftar yang cukup panjang, baik dalam aspek keluarga, dalam hal pekerjaan, maupun dari segi pelayanan. Namun, seberapa sering ketika kita menuliskan sederet daftar resolusi, hati kecil kita merasakan kekuatiran akan masa depan? Kita bertanya-tanya apakah daftar yang kita tulis sudah sesuai dengan kehendak Tuhan? Bagaimana kita dapat mencapainya? Akankah Tuhan menuntun kita?

Apabila kita merasa seperti itu, ketahui dan percayalah bahwa Tuhan mau menuntun kita seperti saat Dia menuntun orang Majus menemukan bayi Yesus. Sama seperti ketika bangsa Israel berjalan di padang gurun, Tuhan sendiri yang menuntun setiap langkah mereka dengan tiang awan yang juga melindungi mereka dari panas terik matahari di kala siang, dan tiang api ketika malam hari untuk menerangi jalan mereka serta menjaga bangsa Israel itu agar tetap hangat. Ya, di luar apa yang dapat kita pikirkan, Tuhan sendirilah yang turun tangan menuntun kita dengan cara-Nya yang sungguh sangat ajaib.

Janganlah kita membatasi kuasa keajaiban Allah, sebab rancangan-Nya melampaui akal dan pikiran kita (Yes. 55:8-9). Kita tidak akan pernah bisa menyelami jalan pikiran Tuhan. Hanya karena kita tidak bisa merasakan pimpinan Tuhan, bukan berarti Tuhan tidak menuntun kita. Karena, sering kali bukan Tuhan yang tidak berbicara, tetapi kitalah yang tidak bisa mendengar suara-Nya, sebab hati kita tertutupi oleh kekuatiran duniawi. Mari, di tahun yang baru ini, perbaharuilah iman kita. Percayalah bahwa tuntunan Tuhan itu selalu ada bagi kita. Yang menjadi bagian kita adalah membuka pintu hati dan telinga roh kita lebar-lebar. Janganlah keraskan hati. Apabila hati kita lembut dan terbuka untuk-Nya, kita pun akan dapat menangkap dan merasakan ajaibnya tuntunan Tuhan yang tidak pernah mengecewakan.

RENUNGAN
Menyongsong TAHUN YANG BARU ini, percayalah bahwa TUHAN PUNYA CARA YANG AJAIB untuk MENUNTUN kita

APLIKASI
1. Apakah Anda percaya bahwa Tuhan mau dan mampu menuntun hidup Anda dengan cara-Nya yang ajaib?
2. Sudahkah Anda merasakan pimpinan Tuhan dalam hidup Anda? Jika belum, menurut Anda, mengapa sampai sekarang Anda belum juga melihat tuntunan-Nya?
3. Apakah yang perlu kita perlu kita lakukan untuk dapat merasakan tuntunan Tuhan yang ajaib? Tuliskan komitmen Anda!

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan, terima kasih untuk tuntunan-Mu yang ajaib dalam hidup kami. Ampuni kami kalau selama ini kami sering kali membatasi kuasa tuntunan-Mu dengan keterbatasan kami. Kami tahu bahwa pertolongan-Mu tidak pernah terlambat dan tidak pernah mengecewakan. Kami mau belajar membuka hati dan telinga roh kami agar kami lebih lagi dapat mendengar suara dan kehendak-Mu dalam hidup kami. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

BACAAN ALKITAB SETAHUN
Mazmur 111-118

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.