Berjalan dalam tuntunan Gembala Agung

BACAAN HARI INI
Mazmur 37:22-40

RHEMA HARI INI
Mazmur 37:23-24 TUHAN menetapkan langkah-langkah orang yang hidupnya berkenan kepada-Nya; apabila ia jatuh, tidaklah sampai tergeletak, sebab TUHAN menopang tangannya.

Seorang pengusaha yang baru bertobat memberikan kesaksian di sebuah gereja. Sebelum bertobat, ia adalah seorang pengusaha yang sukses. Namanya pun tak asing lagi di dunia hiburan salah satu kota besar Indonesia. Ia produsen speaker dan menyuplainya ke tempat-tempat hiburan di kota tersebut. Selain itu, ia juga menyewakan lighting dan sound system untuk berbagai acara, seperti pernikahan, fashion show, dan lain sebagainya. Setelah memutuskan mengikut Yesus, bukannya tambah sukses, ia malah bangkrut. Rumah dan mobil terpaksa dijual untuk menutupi hutang.

Namun, di tengah kejatuhannya, ia tidak meninggalkan Tuhan. Malahan, ia semakin sungguh-sungguh mengikut Yesus. Ia terus berdoa meminta tuntunan Tuhan atas apa yang harus ia lakukan di tengah kegagalannya. Akhirnya, ia mendapatkan jawaban. Tuhan menyuruhnya meninggalkan usahanya dan beralih ke usaha lain, lalu ia mentaatinya. Singkat cerita, setelah meninggalkan usahanya yang lama, hidupnya mulai dipulihkan. Bahkan, ia beserta seluruh keluarganya aktif dalam pelayanan. Di akhir kesaksiannya, ia menambahkan, kalau dulu sebelum bertobat, sebelum makan ia wajib minum obat karena penyakitnya. Namun sekarang, sebelum makan ia bukan minum obat, tetapi berdoa. Tuhan pun memulihkan kesehatannya.

Dalam kehidupan kita orang-orang percaya, Iblis akan selalu mencari cara untuk menghancurkan kita melalui kesehatan kita, bisnis kita, keuangan kita, keluarga kita, bahkan pelayanan kita. Namun, kita tidak perlu takut. Asal kita tetap hidup dalam tuntunan Sang Gembala Agung, yaitu Yesus, maka Dia sendiri yang akan menuntun dan menyelamatkan kita. Percayalah, Tuhan sudah mengatur langkah orang yang berpegang pada tuntunan-Nya. Seperti pengusaha yang terus menantikan tuntunan Tuhan dan taat pada tuntunan tersebut, meskipun bangkrut tetapi tidak jatuh miskin. Meskipun kehilangan harta tetapi tidak kehilangan pengharapan. Meskipun jatuh tetapi tidak sampai tergeletak. Ketika kita hidup dalam tuntunan Tuhan, berjalan dalam tuntunan-Nya yang ajaib, Dia pun akan memulihkan hidup kita.

RENUNGAN
Saat kita BERJALAN dalam KUASA TUNTUNAN-NYA yang ajaib, TUHAN SENDIRI yang akan MENYELAMATKAN kita dari bahaya

APLIKASI
1. Tuntunan siapakah yang Anda ikuti selama ini?
2. Apakah Anda pernah luput dari bahaya? Sebutkan bahaya apa saja yang pernah Anda lewati dan renungkan bagaimana Tuhan menolong Anda melaluinya!
3. Sekarang ini, bagaimana cara Anda untuk dapat hidup dalam tuntunan Tuhan?

DOA UNTUK HARI INI
“Bapa yang baik, terima kasih atas tuntunan-Mu dalam hidup kami selama ini. Kami mau Engkau terus menjadi Gembala Agung kami, sehingga kami senantiasa luput dari bahaya demi bahaya yang terus mengintai hidup kami. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

BACAAN ALKITAB SETAHUN
1 Raja-Raja 3-4

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.