Berjalan dalam tuntunan Tuhan yang ajaib

BACAAN HARI INI
Mazmur 20:1-10

RHEMA HARI INI
Mazmur 20:7 Sekarang aku tahu, bahwa TUHAN memberi kemenangan kepada orang yang diurapi-Nya dan menjawabnya dari sorga-Nya yang kudus dengan kemenangan yang gilang-gemilang oleh tangan kanan-Nya.

Berjalan dalam tuntunan Tuhan tidaklah semudah mengucapkannya. Jalan yang dipilih-Nya tidak selalu mulus. Kadang Dia membawa kita melalui lembah dan jurang yang terjal. Adakalanya kita tidak mengerti, ke mana Dia hendak membawa kita. Kita seperti seorang yang hendak mendaki gunung, tetapi belum mengetahui medan yang akan dilalui. Raja Daud pun pernah merasakan kebingungan yang sama. Dalam mazmurnya, ia mengatakan, “Sekarang aku tahu,” itu berarti Daud dulunya juga tidak memahami maksud Tuhan. Namun, karena Daud percaya penuh dan berani melangkah mengikuti tuntunan Tuhan, akhirnya ia mengalami kemenangan yang gilang-gemilang. Dalam kisah Natal, kita pun dapat menemui banyak tuntunan Tuhan yang ajaib. Mulai dari Maria dan Yusuf, mereka taat pada Tuhan walau tidak sedikit risiko dan masalah yang harus mereka hadapi. Begitu pula dengan orang-orang Majus dari Timur, mereka mengikuti tuntunan Tuhan sehingga dapat menemukan bayi Yesus dan terhindar dari kejahatan Herodes.

Seperti mereka, kita pun memerlukan Tuhan untuk memandu perjalanan kita. Sekalipun jalan yang diambil tampak sulit untuk dilalui, bahkan seperti memutar atau menjauh dari tujuan, tetapi kita perlu percaya mutlak dan taat mengikutinya. Sebab, sebagai Pemandu, Dialah yang paling tahu jalan menuju ke puncak. Bila kita berkeras mengambil jalan sendiri, bisa-bisa kita malah tersesat atau bahkan mengalami kecelakaan dan binasa.

Percayalah, orang yang memberi dirinya dipimpin oleh Roh Kudus akan menerima pengurapan yang membawa kemenangan. Kuasa Allah akan mengalir di dalam dan melalui hidupnya. Sehingga sesulit apa pun, semustahil apa pun, Tuhan akan memberikan anugerah kemenangan dan keberhasilan. Janganlah goyah. Tuhan tidak pernah salah atau gagal atau ingin mencelakakan kita, karena Dia sempurna dalam jalan-Nya dan sepenuhnya dapat diandalkan.

RENUNGAN
Tuhan akan MEMBERIKAN KEMENANGAN kepada orang yang BERJALAN dalam TUNTUNAN-NYA YANG AJAIB

APLIKASI
1. Apakah artinya hidup dalam tuntunan Tuhan? Apakah pengaruhnya dalam setiap aspek kehidupan Anda?
2. Mengapa Anda perlu hidup dalam tuntunan Tuhan?
3. Sudahkah Anda berusaha untuk terus hidup dalam tuntunan Tuhan? Tuliskan usaha yang sudah atau dapat Anda lakukan!

DOA UNTUK HARI INI
“Bapa, berjalanlah di depan kami. Pimpinlah kami, tuntun kami di jalan yang benar oleh karena nama-Mu. Sebab hanya di dalam Engkau kami dapat beroleh kemenangan. Ajari kami semakin peka mendengar suara-Mu dan mengerti kehendak-Mu, Bapa, supaya kami dapat yakin dan teguh berjalan dalam tuntunan-Mu. Terima kasih, Bapa. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

BACAAN ALKITAB SETAHUN
2 Tawarikh 1
Mazmur 72

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.