Alasan dibalik tuaian besar

Alasan dibalik tuaian besar

BACAAN HARI INI
Mazmur 127:1-5

RHEMA HARI INI
Mazmur 127:1 Jikalau bukan TUHAN yang membangun rumah, sia-sialah usaha orang yang membangunnya; jikalau bukan TUHAN yang mengawal kota, sia-sialah pengawal berjaga-jaga.

Wales, 1904-1905, dalam kebangunan rohani yang melanda negara tersebut, seorang anak muda menjadi pusat perhatian. Anak muda ini bernama Evan Roberts. Ia baru saja memasuki bulan ketiganya di sekolah pelatihan kependetaan ketika Tuhan memanggilnya kembali ke kampung halaman untuk mengkhotbahi anak-anak muda di gerejanya. Saat itu, Evan bukanlah siapa-siapa dan ia tidak memiliki kesempatan untuk berkhotbah. Namun, di akhir suatu pertemuan doa, ia mulai membagikan pesan Tuhan kepada orang-orang yang mau mendengarkannya. Jam demi jam berlalu, anak-anak muda mulai bersaksi, beberapa menyanyikan himne, dan beberapa tersungkur dalam doa.

Keesokan harinya, Evan mulai membuka pertemuan-pertemuan ibadahnya sendiri. Banyak yang hadir karena penasaran, tetapi pergi dengan iman lama yang dibangkitkan kembali. Dalam waktu dua minggu, Welsh Revival menjadi berita nasional. Evan dan kawan-kawannya pun berkeliling untuk mengadakan KKR. Pada masa itu, sekitar 100.000 s/d 150.000 jiwa bertobat, dan tak bisa dipungkiri, kebangunan rohani di Welsh telah memicu kebangunan di berbagai negara lainnya. Meskipun sejarah mencatat Evan Roberts sebagai pusat Welsh Revival, tetapi ia sendiri mengaku, “Saya bukanlah sumber dari revival ini. Saya tidak menggerakkan hati manusia dan mengubahkan hidup mereka. Bukan saya, tetapi Allah yang bekerja di dalam saya.”

Betapa benarnya apa yang Evan Roberts katakan. Penuaian besar yang terjadi saat itu jelas bukan karena kemampuannya atau usaha kerasnya. Semua terjadi karena Allah sendiri yang bergerak. Begitu pula dengan keselamatan kita, atau keberhasian serta kemenangan dalam hidup kita. Semua itu terjadi dan akan terjadi hanya karena kasih karunia Tuhan. Tidakkah hal ini adalah kabar baik bagi kita semua? Percayalah, dan bersandarlah hanya kepada-Nya, maka anugerah besar-Nya akan menaungi hidup kita dan mengerjakan tuaian demi tuaian besar dalam hidup kita.

RENUNGAN
Semua TUAIAN BESAR dikerjakan oleh ANUGERAH BESAR semata-mata

APLIKASI
1. Adakah hal yang sedang harapkan sekarang ini? Apakah usaha Anda membuahkan hasil yang memadai?
2. Menurut Anda, mengapa tuaian besar hanya bisa dikerjakan oleh anugerah besar?
3. Bagaimana anugerah besar itu bisa terjadi dalam hidup Anda?

DOA UNTUK HARI INI
“Bapa, kami menyadari semua yang terjadi dalam hidup kami terjadi hanya karena anugerah-Mu. Sekarang ini, kami pun hanya ingin berharap pada-Mu untuk dapat mengalami tuaian besar dalam hidup kami. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

BACAAN ALKITAB SETAHUN
Mazmur 134; 146-150

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.