Usaha besar VS Anugerah besar

Usaha besar VS Anugerah besar

BACAAN HARI INI
Roma 9:1-16

RHEMA HARI INI
Roma 9:16 Jadi hal itu tidak tergantung pada kehendak orang atau usaha orang, tetapi kepada kemurahan hati Allah.

Pernahkah Anda berpikir, seandainya saja Anda lebih pandai, lebih berani, atau lebih pintar berbicara, mungkin Anda bisa melakukan perkara-perkara besar bersama Tuhan? Dengan demikian, Anda pun bisa lebih berguna bagi-Nya. Mungkin, itulah yang Anda rasakan saat melihat orang-orang hebat di sekeliling Anda. Namun, kalau Anda benar-benar memperhatikan, Anda pun akan menemukan bahwa sesungguhnya mereka tidaklah sehebat itu. Sebab, sesempurna apa pun seseorang terlihat, ia pasti memiliki kekurangan. Percayalah, bukan segala kemampuan mereka yang membuat Tuhan memakai mereka.

Tahukah Anda tentang Nick Vujicic? Atau setidaknya pernah mendengar tentang seseorang yang tidak memiliki tangan dan kaki, tetapi menjadi penginjil dan motivator yang kini tengah mendunia? Tahukah Anda tentang Rahab? Ia adalah seorang pelacur yang berasal dari bangsa non-Yahudi, tetapi secara mengejutkan namanya terekam dalam silsilah kelahiran Yesus Kristus. Perlu diketahui, mereka bukan hanya orang-orang yang tidak masuk dalam hitungan atau kualifikasi. Mereka bahkan termasuk orang-orang yang direndahkan, dikucilkan, dan dianggap cacat di mata masyarakat. Lalu, apa yang membuat orang-orang seperti mereka dipakai Tuhan secara luar biasa? Hanya satu jawabannya. Anugerah. Hanya dengan anugerah Tuhan, semua kemustahilan di dunia ini dapat dipatahkan.

Ketahuilah, anugerah tidak bisa ditukar dengan jerih lelah atau kehebatan kita. Anugerah tidak bisa diusahakan ataupun dibeli dengan uang. Semua murni karena kemurahan hati Tuhan. Ya, kemampuan, kerja keras, dan usaha Anda memang penting. Namun, tanpa anugerah, semua itu hanya akan membawa upah sementara dan berakhir sia-sia. Hari ini, jika Tuhan memakai dan memilih Anda, jika Anda memperoleh kepercayaan-Nya untuk melayani, semua itu juga adalah anugerah. Berhentilah mengandalkan kekuatan Anda sendiri. Mulailah mengarahkan segenap hati Anda kepada Tuhan, maka Dia akan mencurahkan anugerah besar atas hidup Anda dan Anda pun boleh menuai kemurahan hati-Nya.

RENUNGAN
Tidak peduli sebesar apa pun usaha manusia, ANUGERAH BESAR hanya TERGANTUNG pada KEMURAHAN HATI ALLAH

APLIKASI
1. Apakah yang dimaksud dengan anugerah besar?
2. Mengapa Anda tidak mungkin bisa mengusahakan anugerah?
3. Bagaimana Anda dapat mulai bergantung pada kemurahan hati Tuhan?

DOA UNTUK HARI INI
“Bapa, terima kasih untuk anugerah yang Engkau beri. Kami mau terus berharap kepada-Mu, Tuhan, bukan berharap kepada usaha kami. Kami bersyukur mempunyai Allah yang murah hati, sehingga kami boleh dipercaya untuk mengerjakan perkara-perkara ajaib bersama-Mu. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

BACAAN ALKITAB SETAHUN
1 Raja-Raja 9
2 Tawarikh 8

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.