Rahasia hidup dalam anugerah besar Tuhan

Rahasia hidup dalam anugerah besar Tuhan

BACAAN HARI INI
2 Korintus 12:1-10

RHEMA HARI INI
2 Korintus 12:9 Tetapi jawab Tuhan kepadaku: “Cukuplah kasih karunia-Ku bagimu, sebab justru dalam kelemahanlah kuasa-Ku menjadi sempurna.” Sebab itu terlebih suka aku bermegah atas kelemahanku, supaya kuasa Kristus turun menaungi aku.

Di saat semua berjalan dengan baik dan lancar, sering kali kita tidak menyadari betapa besar anugerah Tuhan dalam hidup kita. Bahkan kita mungkin menjadi terlalu percaya diri. Kita mengira bahwa semua adalah hasil dari usaha, kemampuan, dan jerih payah kita. Sampai saat Tuhan mengizinkan kita mengalami ujian hidup, barulah kita merasa begitu tidak berdaya dan tidak ada satu pun yang kita miliki bisa membantu kita. Ketika itulah, kita mulai berpaling pada Tuhan, satu-satunya yang bisa kita andalkan.

Dalam salah satu surat Paulus, ia pun menyebutkan suatu kelemahan yang tak tertahankan dalam dirinya. Ia menyebutnya sebagai duri dalam daging. Namun, meski Tuhan tidak kunjung mengangkat duri itu dari Paulus, hal itu tidak membuatnya kecewa. Paulus memahami, Tuhan menggunakan kelemahannya untuk mengenyahkan kesombongan dan kecemaran dalam hidupnya. Membuatnya bergantung penuh pada Tuhan dan hanya berharap pada kemurahan-Nya. Ia pun menyadari, justru kelemahannya membuat kuasa Tuhan semakin terlihat nyata dalam hidupnya.

Ya, penderitaan adalah bara api yang Tuhan gunakan untuk memurnikan dan menguatkan kita. Justru dalam penderitaan dan kesusahanlah, Tuhan terasa sangat dekat dengan kita. Bersukacitalah bukan karena apa yang kita miliki sekarang, tetapi karena ada Tuhan Yesus bersama dengan kita. Hati yang mencintai dan mengutamakan Tuhan lebih dari segala sesuatu; hati yang haus dan lapar akan Tuhan; yang berharap dan percaya penuh hanya kepada Tuhan; kualitas hati seperti ini yang akan menyentuh dan menggetarkan hati Tuhan. Sesungguhnya, inilah saat yang Dia nantikan. Saat hati kita benar-benar hanya tertuju dan berharap kepada-Nya, kemurahan dan anugerah Tuhan akan tercurah berlimpah-limpah dalam hidup kita. Kita pun akan benar-benar mengalami Great Harvest dalam hidup kita.

RENUNGAN
Hati yang SEPENUHNYA TERTUJU pada Tuhan MENARIK KEMURAHAN HATI-NYA; inilah rahasia hidup dalam ANUGERAH BESAR TUHAN

APLIKASI
1. Kelemahan atau masalah apa yang sedang Anda hadapi saat ini? Bagaimana cara Anda memandang dan menyikapinya?
2. Bisakah Anda menangkap maksud Tuhan memberikan kelemahan kepada Anda? Apakah itu?
3. Bagaimana Anda dapat mengarahkan hati Anda sepenuhnya kepada Tuhan?

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan Yesus, kami sadar bahwa kami lemah dan tidak ada apa-apanya tanpa-Mu. Apa pun yang kami miliki sekarang adalah semata karena anugerah dari-Mu. Dalam kesesakan, hanya Engkaulah jawaban dan harapan kami. Kuasa dan kuat-Mu makin nyata dalam hidup kami, terlebih di saat-saat sulit. Biarlah kami bermegah dan tetap bersukacita karena Engkau selalu menyertai kami. Terima kasih Tuhan. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.