Masa panen bukan masa bersantai

Masa panen bukan masa bersantai

BACAAN HARI INI
Amsal 10:2-16

RHEMA HARI INI
Amsal 10:5 Siapa mengumpulkan pada musim panas, ia berakal budi; siapa tidur pada waktu panen membuat malu.

“Jaga kondisi kalian. Kita akan sangat sibuk akhir bulan nanti. Saya tidak ingin ada yang berhalangan dan tidak bisa bekerja,” seorang manajer rumah makan memberikan pengarahan menjelang masa liburan akhir tahun. “Beberapa dari kita mungkin harus lembur, juga terlambat makan. Namun, tetap layani pelanggan sebaik-baiknya. Perusahaan akan mengupayakan bonus khusus setelah masa liburan usai.” Ya, pada saat libur panjang, usaha rumah makan biasanya akan mengalami lonjakan pembeli. Itulah waktu panen bagi mereka. Terlebih untuk rumah makan yang berada di tempat-tempat wisata, pengunjung akan berlipat. Namun, musim panen akan cepat berlalu. Kesempatan tidak akan datang berulang kali. Waktu yang tidak lama ini harus dimanfaatkan dengan maksimal. Pengelola rumah makan akan berusaha keras meraup sebanyak-banyaknya pengunjung dan memanfaatkan semaksimal mungkin sumber daya mereka.

Seperti saat berperang melawan lima raja di Kanaan, Yosua beserta bangsa Israel berhasil mengalahkan musuh-musuhnya, tetapi ia tidak merasa cukup dengan kemenangan yang biasa. Yosua meminta matahari dan bulan berhenti bergerak. Yosua tidak mau menyia-nyiakan kesempatan yang Tuhan berikan. Ia dan pasukannya rela tidak tidur dan melupakan waktu makan. Mereka menyadari kesempatan tidak akan datang lagi. Karena itulah mereka terus bertempur dan pantang mundur. Tuhan pun menjawab doa Yosua dan turut campur tangan, sampai akhirnya bangsa Israel mendapatkan kemenangan besar.

Bagi kita, tahun 2018 adalah tahun Tuaian Besar. Apa pun pergumulan kita saat ini, Tuhan akan menjawabnya melebihi bayangan kita. Kita pun harus mempersiapkan diri untuk bekerja lebih giat lagi, berusaha lebih keras lagi, berdoa lebih sungguh-sungguh lagi, dan datang pada Tuhan lebih dalam lagi. Lupakan waktu santai, sebab Tuhan telah menyediakan tuaian dengan kapasitas tak terbatas. Ingat, seberapa besar kita berusaha, sebesar itulah tuaian yang kita akan dapatkan.

RENUNGAN
Masa panen BUKANLAH MASA BERSANTAI, justru kita harus SIAP BEKERJA LEBIH KERAS lagi

APLIKASI
1. Bagaimanakah sikap Anda dalam pekerjaan maupun pergumulan Anda saat ini?
2. Mengapa kita harus bekerja lebih keras pada masa panen?
3. Bagaimana Anda seharusnya mengusahakan hal-hal yang tengah Anda doakan pada masa panen ini?

DOA UNTUK HARI INI
“Bapa, ampuni kami apabila selama ini kami masih bersantai saat seharusnya kami berusaha keras. Kami percaya bersama-Mu, Great Harvest akan terwujud dalam hidup kami. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.