Membagikan kasih Allah

Membagikan kasih Allah

BACAAN HARI INI
Matius 5:13-16

RHEMA HARI INI
Matius 5:16 Demikianlah hendaknya terangmu bercahaya di depan orang, supaya mereka melihat perbuatanmu yang baik dan memuliakan Bapamu yang di sorga

Seperti teori lebih mudah ketimbang praktik, berbicara pun lebih ringan daripada bertindak. Hari-hari ini pun, ketika permasalahan dunia semakin bertambah banyak dan bervariasi, semakin banyak orang yang mengangkat suaranya. Terlebih lagi dengan kemajuan teknologi dan media sosial, mengemukakan pendapat menjadi sangat mudah. Saat ada isu-isu sosial yang mencuat, komentar yang memenuhi ruang publik—baik yang bernada bijak maupun menghakimi—jauh melebihi bantuan yang terulur. Hal ini membuktikan bahwa selalu ada hal yang bisa dan ingin kita ungkapkan, sedangkan kita enggan untuk melakukan sesuatu.

Sebagai orang Kristen, kita pun sering terjatuh di tempat yang sama. Ketika melihat seseorang melakukan kesalahan, kita malah menceramahinya tanpa memberikan arahan. Saat ada teman yang berputus asa atau berdukacita, kita hanya sibuk memotivasi tetapi tidak punya waktu mendampinginya. Sewaktu ada yang terpuruk dan berkekurangan, kita pun melemparkan ayat-ayat Alkitab sebagai penghiburan tanpa menawarkan bantuan. Setiap saat, dengan fasih kita membicarakan tentang kasih Allah dan kasih sesama, tetapi tidak mewujudkannya. Akhirnya yang kita tuai malah kegeraman, kekecewaan, akar pahit, dan hubungan-hubungan yang rusak.

Ketahuilah, saat kita berbicara dengan lembut; ketika kita meminjamkan telinga dengan sabar dan menangis atau bergembira bersama teman kita; sewaktu dengan bermurah hati kita mengulurkan bantuan; atau saat kita mengampuni kesalahan orang lain; sebenarnya kita sedang membagikan kasih Allah. Kasih Allah bukan lagi sekedar kata-kata indah, tetapi mengalir keluar melalui tindakan kita dan terpancar kepada orang-orang yang membutuhkan sentuhan kasih-Nya. Ketika itulah, hati mereka akan terbuka lebar, sehingga mereka dapat mengalami kasih Allah yang sungguh besar dalam hidup mereka. Mereka pun boleh diselamatkan, dipulihkan, disembuhkan, dan diberkati Tuhan. Dengan demikian, visi “Mengasihi Tuhan Mengasihi Sesama dengan Segenap Hati” terealisasi dan tergenapi dalam hidup kita. (MV.L)

RENUNGAN
Membagikan kasih Allah BERBICARA LEBIH KERAS daripada mengkhotbahi orang-orang di sekeliling kita

APLIKASI
1. Apakah yang dimaksud dengan membagikan kasih Allah?
2. Mengapa membagikan kasih Allah dapat berbicara lebih keras daripada mengkhotbahi orang lain?
3. Bagaimana Anda dapat membagikan kasih Allah kepada orang-orang di sekeliling Anda?

DOA UNTUK HARI INI
“Bapa yang terkasih, ampuni kami apabila selama ini kami hanya pandai berbicara tetapi tidak cakap bertindak. Pakai kami mulai sekarang, ya, Tuhan, untuk membagikan kasih-Mu kepada orang lain. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.