Tujuan otoritas diberikan

Tujuan otoritas diberikan

BACAAN HARI INI
Efesus 6:1-9

RHEMA HARI INI
Efesus 6:2 Hormatilah ayahmu dan ibumu–ini adalah suatu perintah yang penting, seperti yang nyata dari janji ini

Tanggal 22 Desember diperingati sebagai Hari Ibu. Para anak, yang masih kecil ataupun sudah dewasa, akan berlomba-lomba memberikan ucapan kepada ibu mereka, baik secara langsung maupun lewat media sosial. Namun, terkadang hari untuk ibu hanya berlangsung satu hari itu saja. Padahal, sebenarnya setiap hari adalah hari ibu. Saat di mana kita harus selalu menunjukkan kasih sayang dan hormat kita kepada ibu kita. Bukan hanya kepada ibu saja, di luar negeri juga ada peringatan Hari Ayah. Sebegitu besarnya peran orangtua dalam hidup kita, sehingga Hari Ibu dan Hari Ayah diadakan. Tujuannya adalah supaya anak-anak tidak melupakan jasa dan perjuangan orangtua mereka dalam membesarkan serta mendidik mereka.

Kita pun harus mengingat, orangtua adalah wakil Allah di muka bumi ini. Oleh karena itu, sudah selayaknya kita menghormati mereka seperti apa pun pribadi dan kondisi mereka. Hendaknya sebagai anak, kita dapat menundukkan diri dan tetap menghormati mereka. Firman Tuhan dengan jelas memerintahkan kita untuk menghormati, tunduk, taat, mangasihi, dan memberkati, serta memperlakukan orangtua kita dengan baik. Bukan hanya orangtua, tetapi juga orang-orang yang Tuhan tempatkan di atas kita, seperti atasan kerja kita, pemimpin rohani, dan juga pemerintah. Kita harus mentaati dan melayani mereka seperti kepada Kristus (ay.5-7).

Mengapa? Sebab, walaupun otoritas tertinggi ada pada Tuhan, tetapi mereka akan turut menentukan apakah kita hidup di bawah Langit Terbuka atau Langit Tertutup. Mereka adalah orang-orang yang diberi otoritas untuk mengucap berkat atau menutup berkat atas hidup kita. Itu sebabnya, pastikan posisi kita benar di hadapan Tuhan, sehingga kita bisa hidup di bawah Langit Terbuka dan kita pun dapat mengalami Great Harvest. (LEW)

RENUNGAN
Tuhan memberikan OTORITAS kepada ORANG-ORANG TERTENTU untuk MENGUCAP BERKAT atau MENUTUP BERKAT atas hidup kita

APLIKASI
1. Siapa saja otoritas yang ada di atas Anda saat ini? Sebutkan!
2. Sudahkah Anda menghormati otoritas di atas Anda? Mengapa?
3. Tindakan nyata apa yang akan Anda lakukan, yang menunjukkan Anda menghormati otoritas di atas Anda?

DOA UNTUK HARI INI ” Tujuan otoritas diberikan”  :
“Tuhan Yesus, terima kasih Engkau sudah mengingatkan kami untuk selalu menghormati otoritas di atas kami, baik itu orangtua, atasan, gembala, ataupun kakak rohani kami. Kami percaya, Engkau akan mencurahkan berkat-Mu saat kami menghormati mereka. Di dalam nama Tuhan Yesus kami sudah berdoa. Amin.”

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.