Menghargai momen doa berkat

Menghargai momen doa berkat

BACAAN HARI INI
Kejadian 27:1-40

RHEMA HARI INI
Kejadian 27:27 Lalu datanglah Yakub dekat-dekat dan diciumnyalah ayahnya. Ketika Ishak mencium bau pakaian Yakub, diberkatinyalah dia, katanya: “Sesungguhnya bau anakku adalah sebagai bau padang yang diberkati TUHAN.

Kita cenderung mengabaikan hal yang sudah biasa bagi kita, sesuatu yang kita anggap tidak begitu penting, atau apa yang kita pikir sudah pasti akan kita dapatkan. Demikian jugalah Esau memandang hak kesulungannya. Ia pikir karena ia adalah anak pertama dan Ishak sangat mengasihinya, maka semua berkat itu pasti jatuh ke pangkuannya. Itu sebabnya, dengan ringan ia menukarkan haknya dengan semangkuk sup kacang merah yang mengenyangkan perutnya untuk sementara waktu (Kej. 25:29-34). Berbeda dengan Yakub. Ia menyadari pentingnya hak kesulungan yang akan diperolehnya melalui doa berkat yang diucapkan ayahnya. Setelah berhasil membeli hak kesulungan kakaknya, ia berupaya keras untuk menyamar sebagai Esau. Akhirnya, Yakub berhasil memperoleh doa berkat Ishak dan hidupnya pun penuh dengan penyertaan Tuhan.

Seberapa banyak dari kita yang berlaku seperti Esau? Kita memandang momen doa berkat di akhir ibadah sebagai hal yang biasa-biasa saja. Dibandingkan doa berkat, kita lebih peduli pada urusan perut kita, lebih kuatir pulang berdesak-desakan dengan jemaat lainnya, atau lebih cemas terhadap parkiran yang macet. Akhirnya kita menukarkan momen doa berkat demi semangkuk sup kacang merah. Tanpa kita sadari, kita pun melewatkan kuasa Tuhan yang sangat besar yang bisa membawa perbedaan besar dalam hidup kita dan keturunan kita.

Benar, kuasa Tuhan bukan hanya dilepaskan ketika kita didoakan pendeta pribadi per pribadi. Saat doa berkat di akhir ibadah diucapkan untuk seluruh jemaat, kuasa Tuhan pun tetap bekerja. Jika kita sungguh-sungguh membuka hati kita untuk menerima setiap berkat yang diucapkan, hidup kita pun tidak akan sama lagi. Tingkap-tingkap langit Tuhan bukakan dan berkat dicurahkan-Nya atas hidup kita sampai berkelimpahan. Cepat atau lambat, kita akan mulai melihat bagaimana Tuhan menyertai setiap langkah kita sedemikian rupa dan membuat perbedaan nyata dalam hidup kita. (MV.L)

RENUNGAN
Hargailah MOMEN DOA BERKAT, sebab berkat adalah KEKUATAN SORGA untuk membuat kita berhasil

APLIKASI
1. Apakah selama ini Anda lebih sering bersikap seperti Esau atau Yakub?
2. Mengapa momen doa berkat sangatlah penting bagi Anda dan hidup Anda?
3. Bagaimana Anda seharusnya menyikapi momen doa berkat setelah ini dan seterusnya?

DOA UNTUK HARI INI
“Bapa yang baik, terima kasih telah mengingatkan kami betapa pentingnya momen doa berkat. Berikanlah kami hati yang merindukan dan mengharapkan doa berkat yang dilepaskan atas kami. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.