Berkat yang disertai sukacita dan damai sejahtera

Berkat yang disertai sukacita dan damai sejahtera

BACAAN HARI INI
Amsal 10:1-22

RHEMA HARI INI
Amsal 10:22 Berkat Tuhanlah yang menjadikan kaya, susah payah tidak akan menambahinya.

Sebelum China menjadi negara komunis, hiduplah keluarga yang sangat kaya raya. Tuan Chow memiliki seorang putra dan ia sangat dihormati karena kekayaannya itu. Ketika putranya sudah dewasa, ia memutuskan memeluk agama Kristen. Tuan Chow sangat marah dan mengusir putranya tersebut serta tidak memberikan warisan sedikit pun padanya. Anak itu akhirnya pergi jauh dari China dan mulai membangun usaha. Tuhan pun membuatnya berhasil. Sementara itu, ketika komunisme melanda daratan China, kekayaan keluarga Tuan Chow jatuh ke tangan komunis. Semua hartanya dirampas dan mereka menjadi miskin serta menderita sementara anaknya yang percaya Tuhan Yesus hidup dalam berkat Tuhan yang luar biasa.

Uang, harta, dan kekayaan adalah hal yang sangat diinginkan kebanyakan orang. Bahkan, terkadang mereka rela melakukan apa saja demi memperoleh kekayaan bertumpuk. Sebagai anak-anak Tuhan, bolehkah jika kita ingin kaya? Tentu. Akan tetapi, kita harus mengetahui kaya seperti apa yang dimaksud oleh Tuhan. Amsal 10:22 dengan jelas mengatakan, “Berkat Tuhanlah yang menjadikan kaya, susah payah tidak akan menambahinya.” Yang artinya, bukan sembarang berkat yang menjadikan kita kaya, tetapi berkat dari Tuhan.

Ketika Tuhan memberikan berkat kepada kita, hendaknya kita selalu menyadari dan mengucap syukur bahwa semua yang kita peroleh berasal dari Tuhan, bukan dari jerih payah kita sendiri. Ketika kita berusaha sendiri tanpa melibatkan Tuhan, mungkin kita bisa berhasil, mungkin kita kaya, tetapi kita tidak memiliki jaminan pasti. Lalu kita pun akan mengalami ketakutan, kecemasan, dan penderitaan. Bahkan, tidak sedikit orang kaya yang jatuh sakit dan tidak bahagia hidupnya. Sebaliknya, berkat sejati yang dari Tuhan akan membuat kita merasakan damai sejahtera dan sukacita dalam hidup, dalam hati, dan dalam pikiran kita. Oleh karena itu, selalu libatkan Tuhan dalam setiap langkah-langkah kehidupan kita. Utamakan Tuhan, Dia pun tidak akan lupa membukakan tingkap-tingkap sorga dan mencurahkan berkat-berkat-Nya bagi kita. (LEW)

RENUNGAN
Ketika Tuhan MEMBERKATI kita, berkat itu DISERTAI dengan SUKACITA dan DAMAI SEJAHTERA dalam hati serta pikiran kita

APLIKASI
1. Menurut Anda, dari manakah asalnya berkat-berkat yang Anda terima? Karena usaha Anda sendiri atau dari Tuhan?
2. Sudahkah Anda menerima berkat yang disertai dengan sukacita dan damai sejahtera? Bila sudah atau belum, mengapa?
3. Langkah-langkah apa yang akan Anda ambil supaya Anda merasakan sukacita dan damai sejahtera dari berkat yang Anda terima?

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan Yesus, terima kasih untuk setiap berkat yang Engkau berikan kepada kami, baik itu kesehatan, keuangan maupun kepandaian. Kami percaya, ketika Engkau memberkati kami, sukacita dan damai sejahtera pun akan tinggal dalam hati kami. Di dalam nama Tuhan Yesus kami sudah berdoa. Amin.”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.