Berjuang menjalankan peranan

Berjuang menjalankan peranan

BACAAN HARI INI
Kejadian 2:8-25

RHEMA HARI INI
Kejadian 2:15 TUHAN Allah mengambil manusia itu dan menempatkannya dalam taman Eden untuk mengusahakan dan memelihara taman itu.

Semua pasti sudah tahu bahwa Adam adalah manusia pertama yang diciptakan Tuhan Allah di muka bumi ini. Tuhan menempatkan Adam di sebuah taman yang indah, subur, dan ditumbuhi berbagai macam pepohonan. Itulah Taman Eden. Semua yang diperlukan Adam bisa didapatkan di tempat ini. Namun, bukan berarti Adam tinggal berdiam diri saja, tetapi ia harus menjalankan tugas-tugas yang Tuhan berikan. Ia harus mengelola Taman Eden, menamai binatang, dan memastikan semuanya berjalan dengan baik.

Setelah Adam belajar bekerja, barulah Tuhan menciptakan pendamping yang sepadan bagi Adam, yaitu Hawa. Adam dan Hawa pun bersatu membangun sebuah keluarga. Lalu mereka mendapatkan tugas baru. Tuhan ingin Adam dan Hawa bekerjasama mengelola, menjaga, serta bertanggung jawab atas Taman Eden. Adam harus bisa menjaga dan melindungi Hawa serta menyediakan semua kebutuhannya, sebaliknya Hawa juga harus menolong Adam serta menghormatinya sebagai kepala keluarga.

Benar, saat kita masih hidup di dunia ini, kita tidak bisa dipisahkan dengan yang namanya kebutuhan jasmani, baik itu pakaian, makanan, ataupun tempat tinggal. Apalagi kalau itu adalah kebutuhaan primer atau kebutuhaan pokok, mau tidak mau harus dipenuhi. Jika tidak terpenuhi, kita akan merasa ada sesuatu yang kurang. Kebutuhan-kebutuhan yang tak terpenuhi ini dapat menimbulkan konflik yang berakibat fatal dan merusak rumah tangga. Oleh karena itu, kalau kita ingin ada kehidupan baru yang segar dalam keluarga kita, kita harus memperhatikan kebutuhan jasmani mereka. Setiap kita harus bisa menjalankan peranan kita masing-masing, entah itu sebagai orangtua, anak, suami, istri, kakak, atau adik. Ini penting untuk kebahagiaan keluarga kita. Jadilah suami yang bertanggung jawab dalam bekerja. Jadilah istri yang mendukung suami dalam memenuhi kebutuhan keluarga. Jadilah anak-anak yang ikut berkontribusi dalam keluarga. Mari kita bangun kesatuan yang kuat, sehingga tercipta kehidupan baru yang segar dalam keluarga dan berkat pun dicurahkan atas kita. (LEW)

RENUNGAN
Jika kita ingin ada KEHIDUPAN BARU SECARA JASMANI dalam keluarga, maka BERJUANGLAH MENJALANKAN PERANAN kita masing-masing

APLIKASI
1. Sudahkah Anda menjalankan peran Anda saat ini, baik sebagai istri, suami, orangtua atau anak?
2. Adakah hal-hal yang menghalangi Anda bisa menjalankan peranan Anda? Sebutkan!
3. Hal-hal nyata apa saja yang akan Anda lakukan untuk menjalankan peranan Anda dalam kehidupan Anda?

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan Yesus yang baik, terima kasih atas semua berkat-berkat jasmani yang sudah engkau berikan bagi keluarga kami. Ajarkan kami untuk selalu bisa menjalankan peranan kami, sehingga kami mengalami kehidupan baru secara jasmani dalam keluarga kami. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.