Panggilan sebagai penjaga keluarga

Panggilan sebagai penjaga keluarga

BACAAN HARI INI
Yosua 2:1-21

RHEMA HARI INI
Yosua 2:12a Maka sekarang, bersumpahlah kiranya demi TUHAN, bahwa karena aku telah berlaku ramah terhadapmu, kamu juga akan berlaku ramah terhadap kaum keluargaku;

Keluarga adalah keluarga. Tidak peduli baik buruknya hubungan kita dengan setiap anggota keluarga kita. Hal ini terdefinisikan dalam kisah seorang perempuan sundal bernama Rahab di kota Yerikho. Alkitab tidak mencatat bagaimana hubungan Rahab dengan keluarganya. Namun, kita dapat membayangkan seperti apa perlakuan yang ia terima dari mereka. Sebagai perempuan sundal, ia telah menjadi cela dalam keluarganya. Mungkin mereka sering menghina dan memperlakukannya dengan buruk. Namun, sungguh luar biasa, ketika ia berjumpa dengan kedua pengintai yang diutus Yosua, ia tidak mencoba menyelamatkan dirinya seorang. Ia malah melihatnya sebagai kesempatan untuk menyelamatkan seluruh keluarganya. Meski sering dikecewakan, ia tidak marah. Ia tidak menyimpan dendam. Karena keputusan Rahab, seluruh anggota keluarganya, bahkan orang-orang yang bersama mereka, terselamatkan ketika Yerikho ditaklukkan bangsa Israel. Bukan hanya itu, ia dan keluarganya pun boleh menerima kehidupan baru sebagai umat Allah (Yos. 6:23,25). Dalam waktu semalam, Rahab berubah dari aib keluarga menjadi penjaga keluarga.

Melalui kisah Rahab, tersirat pesan Tuhan, tidak peduli siapa kita dan latar belakang kita, Dia memberikan kita panggilan untuk berjaga-jaga atas keluarga, bahkan kota dan bangsa kita. Sebagai penjaga, kita tidak boleh terlena apalagi tertidur. Ya, kita boleh saja sukses dalam pekerjaan ataupun pelayanan, tetapi jika kita kehilangan anggota keluarga kita dalam kekekalan, tidakkah semua prestasi kita menjadi sia-sia belaka?

Ingatlah, kita tidak bisa membawa pencapaian kita ke sorga, tetapi kita dapat tinggal bersama keluarga kita di Rumah Bapa. Tentu bukan kebetulan dan tanpa tujuan Tuhan terlebih dahulu menyelamatkan kita. Terlebih dari kita, Tuhan rindu melihat setiap anggota keluarga kita menjadi bagian dari penuaian jiwa besar-besaran yang sedang menuju penggenapannya di tahun ini juga.

RENUNGAN
Tuhan MEMANGGIL kita untuk menjadi PENJAGA KELUARGA; berusahalah sungguh-sungguh agar mereka bisa menjadi BAGIAN DARI UMAT ALLAH

APLIKASI
1. Siapa saja bagian dari keluarga Anda yang belum mengenal dan menerima keselamatan? Sudahkah Anda memperjuangkan keluarga Anda yang belum percaya dengan sungguh-sungguh agar menjadi bagian dari umat Allah?
2. Menurut Anda, apa tujuan Tuhan menyelamatkan Anda di tengah-tengah keluarga Anda?
3. Usaha apa yang dapat Anda lakukan untuk membawa keluarga Anda menjadi bagian dari umat Allah?

DOA UNTUK HARI INI
“Bapa yang Baik, terima kasih atas keselamatan kekal yang telah Engkau berikan. Suatu kehormatan, kami boleh diangkat menjadi penjaga atas bangsa, kota, dan khususnya keluarga kami. Beri hati yang terbeban dan setia untuk menjaga jiwa-jiwa yang Engkau percayakan, sampai mereka sungguh-sungguh menjadi bagian dari umat Allah. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.