Memilih yang terbaik untuk kita lihat dan pikirkan

Memilih yang terbaik untuk kita lihat dan pikirkan

BACAAN HARI INI
Kejadian 3:1-11

RHEMA HARI INI
Kejadian 3:6 Perempuan itu melihat, bahwa buah pohon itu baik untuk dimakan dan sedap kelihatannya, lagipula pohon itu menarik hati karena memberi pengertian. Lalu ia mengambil dari buahnya dan dimakannya dan diberikannya juga kepada suaminya yang bersama-sama dengan dia, dan suaminyapun memakannya.

Keinginan hampir selalu diawali dengan melihat. Seperti yang terjadi pada Hawa. Tadinya ia tidak tertarik dengan pohon pengetahuan yang ada di Taman Eden. Namun, karena bujukan si ular yang licik, ia mulai melihat bahwa buah itu tampak sedap. Mungkin ia membayangkan dirinya menikmati rasa buah itu. Karenanya ia mulai berpikir kalau ia memakan buah terlarang tersebut, ia pun akan menjadi sama seperti Tuhan. Akhirnya, ia tergoda untuk memetik dan memakan buah tersebut, bahkan ia membujuk suaminya untuk memakannya juga. Akibatnya, Hawa dan suaminya harus kehilangan kekayaan sejati yang sudah Tuhan anugerahkan atas hidup mereka.

Kisah ini menunjukkan betapa pentingnya bagi kita untuk menjaga apa yang kita lihat dan kemudian pikirkan. Setiap harinya, kita diperhadapkan dengan berbagai pilihan. Seusai bekerja, atau di sela-sela aktivitas wajib kita, kita bisa saja berselancar di internet, membaca buku, ataupun menonton. Bahkan di dalam semua itu terdapat bermacam pilihan, apakah yang kita cari adalah berita terkini, hiburan, drama, atau hal-hal rohani. Tergantung dari apa yang sehari-hari kita lihat, pikiran kita akan terbentuk dan keinginan pun timbul.

Oleh karena itu, belajarlah untuk lebih bijak dalam memilih apa yang kita lihat dan pikirkan. Itu sebabnya juga, Tuhan meminta kita untuk merenungkan firman-Nya siang dan malam. Sampai pikiran dan juga keseharian kita dipenuhi perkara-perkara rohani. Semakin kita bergaul karib dengan Tuhan melalui perenungan firman, Tuhan pun akan menaruh ke dalam hati kita suatu kerinduan ilahi, kelaparan roh, yang semakin besar setiap harinya. Ketika keinginan kita selaras dengan kehendak Tuhan, maka sesuatu yang ajaib pasti terjadi. Terobosan terjadi dan kemuliaan Tuhan dinyatakan dalam hidup kita. Saat kita bisa memilih yang terbaik dari semua yang baik, kita tidak akan pernah kehilangan penyediaan Tuhan yang terbaik dalam hidup kita.

RENUNGAN
KELAPARAN ROH dimulai dengan MELIHAT DAN MEMIKIRKAN apa yang kita inginkan, PILIHLAH YANG TERBAIK untuk kita lihat serta pikirkan

APLIKASI
1. Menurut Anda, sudahkah Anda memilih yang terbaik untuk Anda lihat serta pikirkan? Jika sudah, sebutkan pilihan Anda!
2. Mengapa Anda harus bisa memilih apa yang Anda lihat dan pikirkan?
3. Bagaimana cara Anda untuk mengobarkan keinginan atau kelaparan roh?

DOA UNTUK HARI INI
“Bapa yang baik, bawa kami lebih lagi untuk melihat apa yang Engkau lihat, memikirkan apa yang Engkau pikirkan, dan mengingini apa yang Engkau ingini saja, sehingga hidup kami dipenuhi kelaparan roh yang membuat kami senantiasa duduk diam dalam hadirat-Mu dan merenungkan firman-Mu siang dan malam, sehingga hidup kami dapat berbuah bagi Kerajaan-Mu. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.