Belajar mengendalikan keinginan hati

BELAJAR MENGENDALIKAN KEINGINAN HATI

BACAAN HARI INI
Yakobus 3:3-13

RHEMA HARI INI
Yakobus 3:3 Kita mengenakan kekang pada mulut kuda, sehingga ia menuruti kehendak kita, dengan jalan demikian kita dapat juga mengendalikan seluruh tubuhnya.

Selama masih hidup, setiap manusia pasti mempunyai keinginan. Manusia juga mempunyai kehendak bebas untuk memilih apa yang ingin ia lakukan. Dengan demikian, kita harus belajar mengendalikan hati kita. Bagaimanapun, tidak semua keinginan itu baik. Belajarlah untuk mengendalikan keinginan, bukan dikendalikan oleh keinginan. Orang yang tidak bisa mengendalikan diri hidupnya bagaikan sedang mengendarai kereta kuda, tetapi tidak mempunyai tali kekang. Kuda itu bisa menyeret kereta ke mana pun ia inginkan, dan hal itu tentu saja sangat membahayakan penumpang kereta dan juga orang-orang di sekelilingnya.

Memang keinginan duniawi terkadang demikian kuatnya, tetapi bila kita mau mengarahkan diri, hati, dan pikiran kita pada hal-hal yang rohani, kita pasti bisa melihat, memilih, serta menolak dengan tegas suatu keinginan yang tidak berkenan di mata Tuhan. Milikilah rasa cukup atas apa yang sudah kita dapatkan, sebab bicara tentang cukup sangatlah relatif. Apa pun yang sudah kita miliki akan terus terasa kurang bila kita tidak dapat mensyukuri apa yang ada pada kita. Ingatlah, kita tidak akan selamanya hidup di dunia ini. Apa yang kita punyai tidak akan bisa kita bawa ke sorga kelak.

Akan lebih baik dan bijaksana jika kita menyalurkan gelora keinginan kita untuk menyenangkan hati Tuhan tanpa batas. Milikilah kelaparan dan kehausan rohani. Seperti bayi yang selalu menginginkan susu (1 Ptr. 2:2), hauslah untuk mengenal Tuhan lebih lagi. Ketahuilah, firman Tuhan adalah gizi yang terbaik untuk pertumbuhan manusia roh kita. Bila kita tidak punya kehausan akan firman dan menghidupkan firman, maka hidup kita akan dikendalikan oleh perasaan serta keinginan daging kita. Percayalah, kehausan dan kelaparan besar akan Tuhan justru akan membawa kita pada keinginan serta tindakan tanpa batas untuk menyenangkan Tuhan. Pada akhirnya, Tuhan yang akan memuaskan kita dengan semua yang baik dalam hidup kita. (PF)

RENUNGAN
PERHATIKANLAH KEINGINAN hati kita, dan belajarlah MENGENDALIKAN serta MENGARAHKANNYA untuk MENYENANGKAN HATI TUHAN

APLIKASI
1. Apakah Anda mempunyai keinginan-keinginan yang sulit untuk dikendalikan? Sebutkan!
2. Apa yang akan terjadi bila Anda dikuasai oleh keinginan Anda?
3. Bagaimana Anda dapat belajar mengendalikan dan mengarahkan keinginan Anda?

DOA UNTUK HARI INI
“Bapa, ampunilah kami bila kami masih sering menuruti keinginan daging kami dan mengesampingkan keinginan-Mu. Kami sadar akan selalu ada godaan-godaan di sekitar kami, tetapi roh yang ada di dalam kami lebih besar dari roh yang ada di dunia. Bawa kami makin dekat dengan-Mu, Bapa. Kami haus dan rindu menyenangkan hati-Mu. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

BACAAN ALKITAB SETAHUN
Matius 4
Lukas 4-5

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.