Memadamkan keinginan daging

Memadamkan keinginan daging

BACAAN HARI INI
Galatia 5:16-25

RHEMA HARI INI
Galatia 5:16 Maksudku ialah: hiduplah oleh Roh, maka kamu tidak akan menuruti keinginan daging.

“Aku ingin begini. Aku ingin begitu. Ingin ini, ingin itu, banyak sekali.” Begitulah lagu dari kartun “Doraemon” yang sempat meledak beberapa tahun yang lalu. Meski ini adalah lagu anak-anak, tetapi kata-katanya tepat sekali menggambarkan sifat dasar manusia. Kalau bisa, kita ingin memenuhi semua keinginan kita, yang seolah tidak ada habis-habisnya.

Namun, di dunia ini ada juga orang-orang seperti Mart Green. Ia adalah pendiri Mardel, dan pewaris dari perusahaan keluarga Hobby Lobby yang asetnya kini mencapai US$ 6,5 miliar. Sebagai pebisnis sukses dan pewaris kekayaan yang sedemikian besar, Mart sangat mampu memperoleh segala kesenangan dunia yang diimpikan banyak orang. Namun, nyatanya ia memiliki gaya hidup sederhana. Seluruh hidupnya pun didedikasikan untuk Tuhan. Ia sering menyumbangkan dana untuk penginjilan dan terlibat dalam penyebaran Alkitab ke daerah-daerah terpencil. Suatu kali, ia membagikan rahasia hidupnya adalah membaca Alkitab setiap pagi dan berpuasa panjang setiap tahun. Bahkan, ia pernah berpuasa 40 hari tanpa makan dan minum. Ia mengatakan, saat berpuasa, ia dapat fokus bersekutu dengan Allah dan mengenal-Nya lebih dalam lagi. Hal inilah yang menjadi kesenangan Mart.

Satu hal mengenai keinginan, kita dapat menurutinya atau memadamkannya. Kita pun dapat memilih mau menuruti keinginan daging atau roh. Jika kita memutuskan untuk memenuhi keinginan yang satu, maka kelaparan kita untuk yang lainnya pun menjadi berkurang. Masalahnya, kebanyakan orang sudah terlalu lama tidak hidup dalam roh, sehingga keinginan daging itu bukan lagi menggelora, tetapi menggantikan keinginan roh. Itu sebabnya, kita perlu berpuasa. Bukan hanya tentang makanan, tetapi juga terhadap berbagai kesenangan duniawi. Pada dasarnya, hidup dalam Roh berarti mengizinkan Roh Kudus menuntun langkah kita dan mentaatinya. Sampai keinginan kita menjadi selaras, bahkan terdominasi oleh keinginan-Nya, dan kita pun tidak lagi dikuasai oleh keinginan daging.

RENUNGAN
Orang yang HIDUP OLEH ROH tidak akan diperbudak oleh KEINGINAN-KEINGINAN DAGING

APLIKASI
1. Apakah yang dimaksud hidup dalam Roh?
2. Mengapa Anda perlu hidup dalam Roh?
3. Apakah langkah-langkah yang dapat Anda ambil agar dapat membiarkan keinginan Roh mendominasi keinginan daging Anda?

DOA UNTUK HARI INI
“Bapa, kami mengakui segala kelemahan kami sebagai manusia di hadapan-Mu. Ajarilah kami hidup dalam Roh, agar kami tidak lagi hidup dikuasai keinginan daging. Agar hidup kami boleh hidup berkenan di mata-Mu dan melakukan banyak hal untuk mempermuliakan nama-Mu. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

BACAAN ALKITAB SETAHUN
Yohanes 2-4

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.