Roh yang memberi iman

Roh yang memberi iman

BACAAN HARI INI
Efesus 1:11-21

RHEMA HARI INI
Efesus 1:16-17 akupun tidak berhenti mengucap syukur karena kamu. Dan aku selalu mengingat kamu dalam doaku, dan meminta kepada Allah Tuhan kita Yesus Kristus, yaitu Bapa yang mulia itu, supaya Ia memberikan kepadamu Roh hikmat dan wahyu untuk mengenal Dia dengan benar.

Hidup di zaman yang sudah demikian maju dalam hal teknologi dan ilmiah, membuat kita sulit untuk begitu saja percaya dengan pernyataan atau cerita yang kita dengar. Kita hanya akan percaya bila ada bukti-bukti yang bisa diterima dengan nalar. Misalnya tentang asal muasal manusia pertama. Dalam ilmu pengetahuan muncul teori Darwin, yang mengatakan manusia berasal dari kera yang berevolusi. Sedangkan Alkitab jelas menyatakan bahwa manusia pertama adalah Adam, yang langsung diciptakan sempurna, tanpa melalui proses evolusi, yang segambar dan serupa dengan Allah. Manakah yang kita imani? Mana yang kita percayai?

Dalam Alkitab, terdapat banyak kisah keajaiban dan mujizat yang sulit diterima akal pikiran kita. Hanya karena pertolongan Roh Kuduslah, kita bisa percaya pada setiap kisah yang tercatat di dalamnya. Dia akan membuka mata rohani kita, dan memberikan hikmat serta pewahyuan tentang kebenaran firman Tuhan. Sehingga firman yang kita baca pun menjadi hidup dalam hati kita, bukan lagi sekedar kata-kata tertulis. Karena Roh Kudus jugalah, kita beroleh iman dan bisa percaya kepada Tuhan Yesus.

Untuk memperoleh iman yang teguh dan tak tergoyahkan pada Tuhan Yesus, lalu sungguh-sungguh mengalami serta merasakan Tuhan itu hidup dan nyata, kita harus mengalami kelaparan roh. Jadikan Roh Kudus sebagai pusat perhatian dalam keseharian kita dan bergaul intimlah dengan-Nya. Roh Kudus akan menolong kita makin mengenal dan percaya pada Tuhan Yesus serta karya penebusan-Nya di kayu salib. Sehingga kita pun bisa menyelesaikan pertandingan iman kita dengan baik. (PF)

RENUNGAN
Salah satu PERANAN PENTING ROH KUDUS adalah menolong kita untuk MEMILIKI IMAN DALAM YESUS

APLIKASI
1. Apa yang selama ini menjadi pusat perhatian kita dalam hidup kita?
2. Mengapa kita perlu Roh Kudus untuk dapat mempercayai Tuhan? Apa peranan Roh Kudus dalam mempelajari firman?
3. Usaha apa yang bisa kita lakukan untuk mempertebal iman kita pada Yesus Kristus?

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan Yesus, kami mau memiliki iman yang teguh dan kepercayaan penuh kepada-Mu. Saat iman kami lemah dan meragukan-Mu, Roh Kudus, tolong kami, celikkan mata, hati, dan pikiran kami. Supaya kami memahami rencana-Mu untuk kami, dan kami pun dapat melihat kebaikan serta kesempurnaan rancangan-Mu dalam hidup kami. Terima kasih Tuhan.
Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.