Bangkitnya pengharapan yang sudah mati

Bangkitnya pengharapan yang sudah mati

BACAAN HARI INI
Roma 15:1-13

RHEMA HARI INI
Roma 15:13 Semoga Allah, sumber pengharapan, memenuhi kamu dengan segala sukacita dan damai sejahtera dalam iman kamu, supaya oleh kekuatan Roh Kudus kamu berlimpah-limpah dalam pengharapan.

Kartu kredit adalah alat pembayaran pengganti uang tunai yang bisa digunakan untuk membeli barang di tempat-tempat tertentu. Dengannya, kita bisa berbelanja tanpa memiliki uang tunai terlebih dahulu. Bahkan, banyak sekali penawaran diskon menggiurkan pada saat kita menggunakan kartu kredit. Namun, apabila penggunaan kartu kredit tidak diatur dengan baik dan bijaksana, bukan manfaat positif yang kita terima. Malah, kita bisa terjebak dalam hutang, bahkan hutang yang sangat besar. Seperti yang dialami Ata.

Ata adalah pegawai biasa yang sering berbelanja dengan kartu kredit. Karena kegemarannya itu, ia tidak bisa membayar tagihan kartu kreditnya secara penuh. Hal itu terus berulang dan akhirnya ia terjebak dalam hutang kartu kredit. Hidupnya pun dipenuhi ketakutan karena penagih hutang selalu menelepon serta mendatangi rumahnya, bahkan ke kantornya. Di tengah keputusasaannya, tiba-tiba Ata diajak temannya ikut dalam suatu persekutuan doa. Di situlah, ia menerima Tuhan Yesus sebagai Juruselamat pribadinya. Semenjak itu, ia berani menghadapi kenyataan sambil terus berdoa meminta pertolongan Roh Kudus. Sampai akhirnya, dengan cara Tuhan, ia bisa membayar tagihan-tagihannya. Keringanan pembayaran pun ia peroleh dan sampai akhirnya hutang kartu kreditnya bisa lunas.

Kita mungkin mengalami hal yang sama dengan Ata, bukan hanya dalam hal keuangan, tetapi sakit yang tak kunjung sembuh atau rumah tangga yang hampir hancur. Namun, saat ini kita kembali diingatkan bahwa Roh Kudus ada dalam setiap kita yang percaya kepada-Nya. Saat Roh Kudus hadir dan memenuhi hati kita, dengan segala kuasa-Nya, Dia akan membuat perkara yang tidak mungkin menjadi mungkin. Bahkan, Dia akan membangkitkan kembali pengharapan yang seolah-olah sudah mati. Sakit-penyakit yang parah akan disembuhkan-Nya; hutang yang banyak akan dilunaskan-Nya; rumah tangga yang hancur akan dipulihkan-Nya. Ya, saat hidup kita dipenuhi Roh Kudus, kita akan menerima kekuatan dan pengharapan yang baru. (LEW)

RENUNGAN
Saat Roh Kudus HADIR dan MEMENUHI HATI KITA, Dia akan MEMBANGKITKAN kembali PENGHARAPAN YANG SUDAH MATI

APLIKASI
1. Pengharapan apa yang Anda miliki yang saat ini sepertinya sudah mati?
2. Mengapa Anda perlu memenuhi hati Anda dengan Roh Kudus?
3. Apa yang akan Anda lakukan agar pengharapan Anda yang sudah mati itu bisa dibangkitkan kembali ?

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan Yesus, terima kasih karena Engkau telah memberikan Roh Kudus-Mu kepada kami. Teruslah tinggal dan hidup di dalam hati kami. Penuhilah hidup kami dengan Roh Kudus-Mu, sehingga Engkau akan membangkitkan pengharapan-pengharapan kami yang sudah mati. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

BACAAN ALKITAB SETAHUN
Matius 11

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.