Pertolongan roh kudus untuk mengasihi

Pertolongan roh kudus untuk mengasihi

BACAAN HARI INI
Roma 5:1-8

RHEMA HARI INI
Roma 5:5 Dan pengharapan tidak mengecewakan, karena kasih Allah telah dicurahkan di dalam hati kita oleh Roh Kudus yang telah dikaruniakan kepada kita.

Ada pertikaian turun temurun antara dua keluarga yang tinggal bertetangga di pegunungan Kentucky, Amerika Serikat. Awalnya seekor sapi milik Kakek Smith melompati pagar batu dan memakan jagung-jagung keluarga Brown. Brown lalu menembak sapi itu. Seorang anak keluarga Smith membalas dengan menembak dua anak laki-laki keluarga Brown. Bill Brown berencana membalasnya, tetapi ia dipanggil untuk ikut berperang. Ketika ia tidak di rumah, ibu Bill pun menghadapi kesulitan keuangan karena Bill adalah tulang punggung keluarga. Pada hari Paskah, Kakek Smith mengajak seluruh anggota keluarganya ke gereja. Khotbah hari itu berbicara tentang Kristus, Raja Damai yang mati menggantikan kita karena dosa kita. Roh Kudus pun menjamah Smith, sehingga ia bertobat. Dengan kasih Allah meluapi hatinya, ia membayar seorang anak untuk mengirim sekeranjang makanan bagi keluarga Brown setiap hari, sampai Bill pulang.

Setelah Bill pulang, ia ingin tahu siapa yang sudah menolong keluarganya selama ini. Ia pun mengikuti anak suruhan keluarga Smith dan bertemu dengan Smith. Lalu Smith berkata kepadanya, “Tembaklah aku, Bill, kalau kamu memang ingin melakukannya. Kristus sudah mati untuk dosa-dosaku, dan aku harap engkau memaafkan aku juga.” Bill akhirnya memaafkan Smith dan mereka kembali menjadi tetangga yang rukun.

Dalam hidup kita sebagai orang percaya, Roh Kudus bukan hanya menolong kita untuk memiliki iman dalam Yesus atau memberikan kita pengharapan untuk masa depan yang cerah, tetapi juga memampukan kita untuk mengasihi dengan segenap hati kita. Ketika kita memusatkan perhatian pada Roh Kudus, hal itu akan membuat Dia leluasa menuntun kita untuk hidup dalam kasih. Lebih dari itu, Roh Kudus juga akan menolong kita mempraktikkan kasih-Nya yang tercurah dalam hati kita, untuk melakukan perkara-perkara yang tidak pernah terpikir untuk kita kerjakan bagi Tuhan dan sesama, bahkan orang-orang yang bermasalah dengan kita. Amin.

RENUNGAN
Tanpa PERTOLONGAN ROH KUDUS, kita tidak mungkin bisa MENGASIHI TUHAN, apalagi SESAMA, dengan segenap hati

APLIKASI
1. Bagaimanakah hubungan kasih Anda dengan Tuhan dan sesama selama ini?
2. Mengapa Anda memerlukan pertolongan Roh Kudus dalam mengasihi Tuhan dan sesama?
3. Bagaimana Anda dapat menggantungkan diri pada pertolongan Roh Kudus dalam hal kasih?

DOA UNTUK HARI INI
“Roh Kudus yang baik, kami buka hati kami lebar-lebar bagi-Mu. Bekerjalah dan ubahkanlah hati kami yang keras, sehingga kami beroleh hati yang baru. Hati yang lembut dan penuh dengan kasih-Mu. Biarlah hidup kami semakin hari boleh semakin berkenan di hadapan-Mu. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.