Tahap awal dominasi roh kudus

Tahap awal dominasi roh kudus

BACAAN HARI INI
Yohanes 14:15-31

RHEMA HARI INI
Yohanes 14:26 tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu.

Jaka adalah seorang pelajar kelas 2 SMA yang hidupnya berantakan. Ia suka membolos sekolah, menyontek, berkata kasar, dan merokok. Orangtuanya sudah berkali-kali menasihati Jaka, tetapi tidak ada satu pun yang didengar dan dilakukannya. Teman-temannya juga sudah berusaha berbicara kepadanya, tetapi semua diabaikannya. Ia bahkan mendapat Surat Peringatan dari sekolah yang menyatakan apabila ia tidak bisa berubah, sekolah akan mengeluarkannya.

Suatu kali, teman Jaka yang bernama Tio mengajaknya datang ke acara KKR gabungan siswa-siswa SMA dan Jaka mau datang. Saat ibadah berlangsung, pembicara menantang siapa yang mau menerima Tuhan Yesus sebagai Juruselamat pribadi, Jaka pun mengangkat tangannya. Momen itu menjadi sejarah yang berharga bagi hidup Jaka, karena hari itu pertama kali ia mengundang Roh Kudus masuk ke dalam hatinya. Semenjak itu, kehidupannya mulai berubah. Ia mulai rajin ke sekolah, tidak menyontek lagi, tidak berkata kasar lagi, bahkan ia juga berhenti merokok. Roh Kudus perlahan-lahan mengambil alih seluruh kehidupan Jaka dan menjadikannya pribadi yang lebih baik lagi.

Ingatkah kita, kapan pertama kali kita mengundang Tuhan Yesus masuk ke dalam hati kita? Pada waktu kita pertama kali mengundang-Nya masuk ke dalam hati kita, saat itu jugalah Roh Kudus tinggal di dalam hati kita. Dia yang akan mengingatkan kita, menegur kita, dan Dia juga yang akan membantu kita dalam menghadapi persoalan-persoalan hidup kita. Itulah tahap awal bentuk dominasi Roh Kudus dalam hidup kita. Kita yang dulu pemalas kini menjadi rajin; kita yang sombong menjadi rendah hati; kita yang tidak bisa apa-apa menjadi bisa melakukan apa saja. Oleh karena itu, bila saat ini kita belum mengundang Roh Kudus masuk ke dalam hati kita, segeralah ambil waktu dan undanglah Roh Kudus masuk dalam hati kita, sehingga jiwa kita yang lapar akan dipuaskan dan didominasi oleh Roh Kudus dalam hidup kita. (LEW)

RENUNGAN
MASUKNYA ROH KUDUS ke dalam hati kita adalah TAHAP AWAL dari DOMINASI ROH KUDUS dalam hidup kita

APLIKASI
1. Sudahkah Anda mengundang Roh Kudus masuk ke dalam hati Anda? Jika belum, mengapa? Bagaimana Anda bisa mengetahuinya?
2. Perubahan-perubahan apa yang Anda alami saat pertama kali Anda mengundang Roh Kudus masuk dalam hati Anda?
3. Hal-hal apa yang akan Anda lakukan setelah Roh Kudus masuk dalam hati Anda ?

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan Yesus, terima kasih karena Engkau sudah memberikan Roh Kudus-Mu kepada kami. Kami rindu Roh Kudus masuk ke dalam hati kami dan mendominasi hidup kami, sehingga kelaparan kami akan Engkau dapat dipuaskan. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

 

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.