Berhenti membenci dan menghakimi diri sendiri

Berhenti membenci dan menghakimi diri sendiri

BACAAN HARI INI
Matius 22:37-40

RHEMA HARI INI
Matius 22:39 Dan hukum yang kedua, yang sama dengan itu, ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.

“Mengapa Tuhan menciptakan seseorang sepertiku?” batin Winda entah untuk keberapa kalinya. Sejak kecil, karena kekurangan fisiknya, ia sulit mendapatkan teman. Ia juga tak begitu pintar sehingga sering tinggal kelas. Kegagalan dalam hal prestasi, pekerjaan, dan relasi, semakin lama membuatnya semakin merasa tidak berharga dan tak patut dicintai. Ia pun merasa tidak ada orang yang bisa memahami dirinya dan membantunya lepas dari tekanan yang ia hadapi. Akhirnya, ia mulai terbiasa menghakimi dirinya sendiri. Ia merasa berbeda dari kebanyakan orang. Orang yang aneh, yang hidupnya adalah kesalahan.

Saat mendengar seseorang membenci dirinya sendiri, beberapa dari kita mungkin merasa miris dan prihatin. Namun, kenyataannya, tidak sedikit orang yang mengalaminya. Malah mungkin, kita sendiri tengah merasakannya. Jika demikian, segeralah menyadari bahwa Tuhan tidak pernah menciptakan sesuatu yang tidak berguna atau sia-sia. Bagaimanapun keadaan kita saat ini atau tekanan apa pun yang sedang kita hadapi, percayalah, kita sangat berharga di mata-Nya. Tuhan bahkan punya rencana besar untuk hidup kita.

Ketahuilah, Tuhan mau kita mengasihi diri kita sendiri seperti Dia mengasihi kita. Mengasihi diri di sini bukan berarti menjadi egois dan hanya memikirkan kesenangan kita sendiri, tetapi menerima diri kita apa adanya. Bagaimanapun, kita tidak akan pernah bisa mengubah masa lalu, yang bisa kita ubah adalah masa depan. Jangan jadikan keadaan kita dan kegagalan masa lalu sebagai hakim yang membuat kita terus menyalahkan serta membenci diri sendiri, karena kebencian itu pada akhirnya akan merusak hidup kita. Mulailah bersyukur, terutama karena Tuhan begitu mengasihi kita, bahkan sampai rela memberikan nyawa-Nya untuk kita. Dengan mulai bersyukur, kita akan melihat, ternyata Tuhan memberikan lebih banyak talenta daripada kekurangan, dan Dia memiliki misi penting dalam hidup kita. Mulailah melangkah bersama Tuhan dan kita akan menjalani hidup yang luar biasa bersama-Nya. (PF)

RENUNGAN
Berhentilah MEMBENCI dan MENGHAKIMI DIRI SENDIRI, bagaimanapun keadaan kita, TUHAN TETAP MENGASIHI KITA

APLIKASI
1. Bagaimana Anda melihat gambar diri Anda saat ini? Adakah sesuatu hal yang menyebabkan Anda merasa benci pada diri Anda sendiri?
2. Mengapa kita perlu untuk mengasihi diri kita sendiri?
3. Bagaimana cara Anda untuk mulai mengasihi diri Anda sendiri?

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan Yesus, terima kasih Engkau begitu mengasihi kami. Kau setia dan selalu ada untuk kami. Celikkan mata hati dan pikiran kami, Tuhan, agar kami bisa mengerti rencana-Mu atas hidup kami. Kami percaya dalam segala tekanan yang kami alami, Engkau mempunyai rencana yang indah bagi hidup kami, dan lewat hidup kami, nama-Mu akan semakin dipermuliakan. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.