Dimensi dari kehidupan tanpa batas

Dimensi dari kehidupan tanpa batas

BACAAN HARI INI
Yohanes 3:31-36

RHEMA HARI INI
Yohanes 3:34b karena Allah mengaruniakan Roh-Nya dengan tidak terbatas.

Dr. Rosi adalah dokter bedah muda yang takut akan Tuhan. Setiap kali, sebelum praktik ataupun melangsungkan operasi, ia selalu berdoa memohon pimpinan Roh Kudus. Pasien-pasiennya pun banyak yang puas dengan pelayanannya. Selain mengobati, ia sering memberikan wejangan-wejangan dan dukungan kepada mereka untuk melalui masa penyembuhan dengan baik.

Suatu hari, dr. Rosi harus melakukan operasi yang cukup rumit dengan tingkat komplikasi yang cukup tinggi. Secara manusia, ia merasa takut dengan kemungkinan-kemungkinan terburuk yang bisa terjadi. Namun, ia berdoa dan menyerahkan semuanya kepada Tuhan. Operasi sudah berlangsung lima jam dan semua terlihat baik-baik saja. Sampai tiba-tiba saturasi oksigen pasien menurun drastis dan detak jantungnya perlahan melemah. Dalam kekalutannya, dr. Rosi menjerit dalam hati kepada Roh Kudus. Karena ia menyadari, ia tidak sanggup melanjutkan dengan kemampuannya sendiri yang sangat terbatas. Roh Kudus pun menuntunnya dan memberikan hikmat untuk mencari penyebab kritisnya kondisi pasiennya, sehingga ia dapat mengatasinya dan operasi itu pun selesai dengan sukses.

Sebagai manusia, kita ini adalah makhluk yang sangat terbatas. Dalam masa hidup-Nya di dunia pun, Yesus memerlukan Roh Kudus dalam keseharian-Nya, apalagi kita yang hanya manusia biasa. Hendaknya kita bersyukur, karena setelah naik ke sorga, Tuhan Yesus mengaruniakan Roh Penolong untuk senantiasa menyertai kita (Yoh. 14:16-17). Meski kita tak bisa melihatnya, Roh Kudus adalah Pribadi yang sangat nyata. Kita pun harus menjalin hubungan yang intim dengan-Nya dan senantiasa hidup di dalam-Nya, supaya kita semakin terhubung dan menjadi satu dengan-Nya. Ketika kita mempunyai hubungan yang intim dengan Roh yang tak terbatas, maka Roh itulah yang akan senantiasa menolong, membimbing, dan menuntun kita melampaui segala keterbatasan kita. Iman kita pun akan terus diperkuat, sehingga kita bisa menjadi raksasa rohani dan kita boleh mengerjakan perkara-perkara besar yang mustahil bersama-Nya.

RENUNGAN
KEHIDUPAN ROH adalah sebuah dimensi kehidupan yang TANPA BATAS

APLIKASI
1. Menurut Anda, mengapa kita membutuhkan Roh Kudus dalam hidup kita?
2. Sudahkah Anda hidup dalam dimensi roh yang tak terbatas?
3. Bagaimana caranya agar kita bisa hidup dalam dimensi roh dan mempunyai hubungan yang intim dengan Roh Kudus?

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan, terima kasih untuk Roh Penolong yang sudah Engkau karuniakan bagi kami. Kami mau belajar untuk tidak lagi mengandalkan kekuatan kami sendiri karena kami sangat terbatas. Kami mau lebih lagi belajar untuk hidup dalam dimensi roh yang tak terbatas, sehingga kami pun boleh memiliki iman tanpa batas dan menjadi raksasa rohani-Mu. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.