Tanpa iman tidak bisa bertumbuh

Tanpa iman tidak bisa bertumbuh

BACAAN HARI INI
Roma 5:1-11

RHEMA HARI INI
Roma 5:2 Oleh Dia kita juga beroleh jalan masuk oleh iman kepada kasih karunia ini. Di dalam kasih karunia ini kita berdiri dan kita bermegah dalam pengharapan akan menerima kemuliaan Allah.

Pada suatu hari, terjadi kebakaran besar di sebuah apartemen, semua orang kelihatannya telah dievakuasi dari gedung tersebut, api menjalar kemana-mana dan terus membesar. Petugas pemadam kebakaran berjuang untuk memadamkan api yang kian membesar. Dan tiba-tiba terdengar teriakan minta tolong dari seorang ibu di lantai 13, ternyata dia masih terjebak kepulan asap hitam yang menyelimuti gedung tersebut, api terus menjalar, dan tak lama lagi gedung akan roboh. Kapten regu pemadam kebakaran memerintahkan anak buahnya untuk mempersiapkan jaring penyelamat. Setelah jaring siap, sang kapten menggunakan sebuah megaphone dan berkata, “Ibu, kami telah siap menolong ibu, jaring penyelamat sudah kami siapkan, sekarang melompatlah.”

Ibu itu mendengar perintah sang kapten, tapi dia masih ragu, karena asap hitam menutupi seluruh apartemen, dia tidak bisa melihat apa-apa, sementara api semakin besar, langit-langit plafon sudah mulai berjatuhan. Itu adalah situasi yang sangat kritis. Si ibu tidak dapat melihat jaring tersebut, dia cuma bisa percaya dengan kata-kata sang kapten. Dan akhirnya, si ibu ini memutuskan untuk melompat ke bawah seperti yang diperintahkan sang kapten dan dia selamat. Apa yang menyelamatkan si ibu ini? Tindakan melompat atau jaring penyelamat itu? Jawabannya adalah kedua-duanya. Jaring penyelamat itulah yang menyelamatkan nyawa ibu itu, tapi dia tetap harus membuat keputusan untuk melompat.

Demikianlah cara kerja iman dalam hidup kita. Tuhan sudah menyediakan semua kuasa untuk kita bisa bertumbuh menjadi raksasa rohani dan menikmati segala berkat yang sudah dijanjikan Tuhan. Tetapi perlu iman dari pihak kita untuk meresponi apa yang sudah Tuhan sediakan itu supaya kita bisa sungguh-sungguh menerimanya. Tanpa iman dari pihak kita, maka semua anugerah yang sudah Tuhan sediakan akan berlalu begitu saja. Bangunlah iman Anda di dalam Tuhan, maka pertumbuhan rohani serta berkat-berkat Tuhan akan terjadi dalam hidup Anda.

RENUNGAN
Anugerah sudah Tuhan sediakan, tetapi perlu iman untuk menerimanya.

APLIKASI
1. Menurut Anda, apakah iman itu?
2. Bagaimanakah kondisi iman Anda saat ini?
3. Mengapa iman erat kaitannya dengan pertumbuhan rohani?

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan, tolong kami untuk membangun fondasi hidup kami di dalam Engkau. Engkaulah batu karang yang teguh dan satu-satunya yang tidak tergoyahkan. Semua yang kami miliki di dunia ini bisa lenyap, tetapi kami tahu firman-MU akan tinggal tetap. Kami percaya hidup kami kuat dan aman di dalam Engkau. Terima kasih Tuhan. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.