Rahasia terobosan dan pertumbuhan pesat

Rahasia terobosan dan pertumbuhan pesat

BACAAN HARI INI
Kisah Para Rasul 2:1-41

RHEMA HARI INI
Kisah Para Rasul 2:2-3 Tiba-tiba turunlah dari langit suatu bunyi seperti tiupan angin keras yang memenuhi seluruh rumah, di mana mereka duduk; dan tampaklah kepada mereka lidah-lidah seperti nyala api yang bertebaran dan hinggap pada mereka masing-masing.

Tepung terigu, telur, susu, gula pasir, mentega putih, dan garam. Sarah memastikan semuanya adalah bahan terbaik. Ia ingin mencoba membuat roti sendiri. Hanya saja, ia lupa membeli ragi. Namun, ia pikir kekurangan satu bahan tidak masalah. Ragi yang dibutuhkan pun hanya sedikit. Maka ia mulai membuat adonan dan memanggangnya. Ketika Sarah mengeluarkannya dari oven, ia mendapati roti itu bukannya mengembang dengan cantik, tetapi mengempis. Rasanya pun bantat.

Suatu kali, Yesus pernah mengumpamakan ragi yang diaduk ke dalam tepung terigu sebagai hal Kerajaan Sorga (Mat. 13:33). Dibandingkan terigu dan bahan-bahan lainnya, ragi memang tidak terlihat ketika sudah dicampurkan. Namun, meski hanya sedikit, ragi menyimpan kekuatan besar. Ia menyerap ke dalam seluruh adonan dan mempengaruhi setiap partikel yang ada. Tanpanya, roti tidak akan mengembang.

Dalam kehidupan rohani, tanpa kita sadari, kita pun sering berfokus pada hal-hal eksternal yang terlihat. Kita rutin beribadah, ikut komsel, ikut program-program gereja, dan rajin pelayanan. Mungkin kita mengetahui banyak isi Alkitab dan fasih membicarakannya. Bisa jadi orang lain melihat kita bertumbuh, tetapi kita tahu bahwa kerohanian kita sebenarnya stagnan. Terobosan yang kita nanti-nantikan tak kunjung datang. Kita pun selalu gagal dalam hal-hal tertentu. Sebenarnya, inilah pertanda bahwa kita melupakan satu unsur tak terlihat dan yang terpenting: Roh Kudus. Selayaknya ragi yang tersembunyi dalam adonan, Roh Kudus akan terus bekerja menyentuh setiap elemen dalam hidup kita. Tidak ada satu pun bagian yang tidak dipengaruhinya. Ya, pekerjaan-Nya sungguh dahsyat. Saat Roh Kudus dicurahkan atas murid-murid Yesus, mereka yang tadinya penakut diubahkan sehingga berani berbicara di hadapan ribuan orang. Roh Kudus yang sama juga sanggup mengubahkan kita menjadi raksasa rohani yang penuh kuasa. Sehingga melalui kita, Tuhan bisa terus bergerak menyentuh orang-orang di sekitar kita dan meluaskan Kerajaan-Nya. (MV.L)

RENUNGAN
Tanpa ROH KUDUS YANG DICURAHKAN atas kita, mustahil kerohanian kita bisa mengalami TEROBOSAN dan PERTUMBUHAN PESAT

APLIKASI
1. Bagaimanakah keadaan kerohanian Anda saat ini?
2. Mengapa Anda membutuhkan Roh Kudus dalam kehidupan rohani Anda?
3. Bagaimana Roh Kudus dapat terus tercurah dalam hidup Anda dari hari ke hari?

DOA UNTUK HARI INI
“Bapa yang baik, ampuni kami apabila selama ini kami lebih berfokus pada hal-hal eksternal dibandingkan internal. Mulai sekarang, kami ingin lebih memperhatikan apa yang ingin dan tengah Engkau kerjakan dalam diri kami. Curahkanlah Roh Kudus-Mu atas kami dan penuhilah hati kami dengan hadirat-Mu setiap waktunya. Sehingga pada waktunya, kami boleh mengalami terobosan dan bertumbuh pesat menjadi raksasa rohani-Mu yang Engkau pakai untuk meluaskan Kerajaan-Mu. Di dalam nama Tuhan Yesus kami sudah berdoa. Amin.”

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.