Hidup yang dinaungi kuasa Kristus

Hidup yang dinaungi kuasa Kristus

BACAAN HARI INI
2 Korintus 12:1-10

RHEMA HARI INI
2 Korintus 12:9 Tetapi jawab Tuhan kepadaku: “Cukuplah kasih karunia-Ku bagimu, sebab justru dalam kelemahanlah kuasa-Ku menjadi sempurna.” Sebab itu terlebih suka aku bermegah atas kelemahanku, supaya kuasa Kristus turun menaungi aku.

“Aku akan membuatmu bangga, Ayah!” seru seorang anak sambil meminta ayahnya duduk diam di sampingnya. Saat itu sedang diadakan kompetisi Lego babak final dengan sepuluh peserta dengan rentang usia enam sampai delapan tahun. Babak ini sangatlah spesial dan juga tersulit. Mereka harus membuat bangunan terbesar, termegah, dan terindah dari susunan Lego. Para peserta pun diperbolehkan untuk meminta bantuan ayah atau ibu mereka. Seperti anak di atas, kebanyakan anak terlihat antusias. Beberapa anak bahkan tampak sibuk memberikan instruksi atau berdebat dengan orangtua mereka. Namun, salah satu anak bernama Niko tampak terdiam di hadapan serakan Legonya.

“Kenapa kamu tidak mulai, Nak? Kamu tidak bisa membuat bangunan dari Lego?” tanya sang ayah. Niko menggelengkan kepalanya, “Tidak, Pa. Niko bisa. Tapi Papa pasti bisa bikin yang lebih bagus. Papa kan arsitek!” Mendengar jawaban itu, ayah Niko tersenyum dan mulai menuntun anaknya menyusun balok-balok Legonya langkah demi langkah. Tak sekali pun Niko membantah atau berusaha menambahkan idenya sendiri. Hasilnya, sungguh bangunan Lego yang terbesar, termegah, dan terindah.

Sebagai anak-anak Tuhan, kita pun memiliki Bapa yang lebih dari sanggup untuk membawa kita ke dalam hidup berkemenangan. Namun, seperti kebanyakan anak dalam cerita di atas, tanpa sadar kita merebut ruang bagi kuasa Allah untuk bekerja atas kita. Kita perlu menjadi seperti anak kecil yang percaya kepada ayahnya, seperti tanah kering yang hanya bisa menantikan turunnya hujan, atau seperti ranting yang hanya bisa menerima nutrisi dari batang pohon dan menghasilkan buah pada waktunya. Hanya dengan hati yang sepenuhnya bersandar dan bertumpu kepada Tuhan, dengan menerima serta mengakui segala kelemahan kita, dengan melepaskan semua kebanggaan hidup, kita baru dapat melihat bagaimana kuasa Tuhan bekerja di dalam dan melalui hidup kita, menjadikan kita raksasa rohani yang penuh kuasa-Nya. (MV.L)

RENUNGAN
BERGANTUNGLAH SEPENUHNYA kepada Tuhan, jika kita rindu hidup kita DINAUNGI KUASA KRISTUS

APLIKASI
1. Apakah yang dimaksud dengan bergantung sepenuhnya kepada Tuhan?
2. Mengapa Anda perlu dengan bergantung sepenuhnya kepada Tuhan?
3. Bagaimana Anda dapat memiliki hati yang sepenuhnya bergantung pada Tuhan?

DOA UNTUK HARI INI
“Bapa, ajarilah kami untuk memahami bagaimana sesungguhnya hidup yang bergantung kepada-Mu. Buatlah kami menyadari bahwa tanpa-Mu, kami bukanlah apa-apa. Bahkan, kami tidak mau menjadi apa-apa tanpa-Mu. Biarlah kuasa-Mu saja yang bekerja atas segala kekurangan dan kelemahan kami, agar hidup kami pun boleh menjadi kesaksian yang hidup bagi kebesaran-Mu. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

Source https://gbika.org/site/hidup-yang-dinaungi-kuasa-kristus/

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.