Bersyukur menarik campur tangan Tuhan

Bersyukur menarik campur tangan Tuhan

BACAAN HARI INI
Filipi 2:12-18

RHEMA HARI INI
Filipi 2:14-15 Lakukanlah segala sesuatu dengan tidak bersungut-sungut dan berbantah-bantahan, supaya kamu tiada beraib dan tiada bernoda, sebagai anak-anak Allah yang tidak bercela di tengah-tengah angkatan yang bengkok hatinya dan yang sesat ini, sehingga kamu bercahaya di antara mereka seperti bintang-bintang di dunia,

Menjadi manusia ilahi yang dipakai Tuhan dengan dahsyat adalah kerinduan Sinta sejak pertama mengenal Tuhan. Kesungguhan dalam melayani membuatnya cepat mendapat promosi dari Tuhan. Namun, seiring bertumbuhnya gereja, tugasnya juga bertambah. Ditambah lagi, teknologi yang berkembang pesat membuat tugas pelayanan yang sederhana menjadi lebih kompleks. Ia kerap kewalahan mengatur semuanya. Sungut-sungut pun mulai terdengar. Tugas dari pemimpin yang semula merupakan kesukaan berubah menjadi beban dan dikerjakan dengan terpaksa. Tidak ada lagi sukacita dan gairah untuk memberi yang terbaik bagi Tuhan. Bahkan, terbesit dalam pikiran Sinta untuk melepaskan diri dari tugas yang telah Tuhan percayakan.

Satu hal perlu kita sadari, percepatan demi percepatan sedang Tuhan kerjakan hari-hari ini. Baik dalam perkara rohani maupun jasmani. Tidak bisa dipungkiri, di balik setiap perkembangan pasti ada perubahan, dan di balik setiap perubahan pasti ada tantangan serta persolan yang harus kita hadapi. Satu hal yang Tuhan minta: jangan bersungut-sungut! Sungut-sungut hanya akan mengurangi pengurapan-Nya atas hidup kita dan menutup mata iman kita terhadap rencana besar-Nya.

Percayalah, Allah pasti turut bekerja untuk memperlengkapi dan memperbesar kapasitas kita yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah (Rm. 8:28). Jangan jadikan tugas sebagai beban, tetapi batu loncatan yang akan membawa kita ke level berikutnya. Firman Tuhan pun berkata, janganlah kiranya kasih dan setia meninggalkan kita (Ams. 3:3). Taat dan setia saja! Percaya saja kepada TUHAN dengan segenap hati kita. Libatkan Tuhan dalam segalanya, maka Dia akan meluruskan jalan kita (Ams. 3:5-6). Belajarlah mengucap syukur atas kebaikan-Nya, yang telah memberi kepercayaan besar kepada kita untuk menjadi rekan kerja-Nya. Ketika Tuhan memberi tugas, Dia pasti turun tangan, memberikan solusi untuk setiap kesulitan kita, sehingga kita tetap memiliki kemerdekaan sejati dan bebas dari beban yang berlebihan, baik itu dalam hidup maupun pelayanan kita.

RENUNGAN
Sungut-sungut MENGURANGI PENGURAPAN TUHAN, belajarlah MENGUCAP SYUKUR atas kebaikan-Nya, maka Dia akan SEGERA TURUN TANGAN

APLIKASI
1. Apa yang dapat menyebabkan pengurapan Tuhan berkurang dalam hidup kita?
2. Menurut Anda, sudahkah Anda menjalani kehidupan yang penuh dengan pengucapan syukur?
3. Bagaimana caranya agar Tuhan dapat segera turun tangan untuk memerdekakan hidup Anda?

DOA UNTUK HARI INI
“Bapa yang baik, kami bersyukur atas kebaikan-Mu yang mengajar kami untuk senantiasa mengucap syukur. Jauhkan kami dari hati yang bersungut-sungut, sehingga pengurapan Tuhan yang memampukan kami untuk melakukan perkara-perkara yang sulit dan mustahil dapat terus mengalir dan memberikan terobosan, serta kemerdekaan yang sejati di dalam hidup kami. Kami percaya pertolongan Tuhan senantiasa tepat pada waktunya. Terima kasih Tuhan. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.