Jangan terburu – buru mengambil keputusan

Jangan terburu – buru mengambil keputusan

BACAAN HARI INI
Pengkhotbah 3:1-11

RHEMA HARI INI
Pengkhotbah 3:11 Ia membuat segala sesuatu indah pada waktunya, bahkan Ia memberikan kekekalan dalam hati mereka. Tetapi manusia tidak dapat menyelami pekerjaan yang dilakukan Allah dari awal sampai akhir.

Archimedes adalah ilmuwan berbakat sejak masa mudanya. Namun, ia sungguh tidak mengira akan mendapatkan tugas tak masuk akal dari Raja Hiero II. Sang raja memesan Mahkota Nazar kepada ahli perhiasan dengan bahan emas murni yang ia sendiri sediakan. Setelah mahkota itu selesai, raja mencurigai bahwa pengrajin perhiasannya telah berbuat tidak jujur dengan mencampurkan perak pada mahkota itu. Archimedes pun diberi tugas untuk menguji kemurnian kadar emas mahkota tersebut tanpa merusaknya, bahkan tergores pun tidak boleh.

Kehormatan Archimedes sebagai ilmuwan terkenal menjadi taruhan. Berhari-hari ia memutar otaknya dan ia menjadi tertekan luar biasa. Tak tahan lagi, ia memutuskan berendam di bak mandi untuk melepaskan kepenatan. Saat membenamkan diri di air, ia melihat sebagian air tertumpah keluar. Archimedes tertegun dan menyadari ia sudah menemukan jawabannya! Ia bisa mengetahui massa emas yang terkandung dalam mahkota itu dengan membenamkannya di air. Dengan teori fisika dan matematika yang menjadi keahliannya, tidak butuh waktu lama, Archimedes berhasil memastikan bahwa mahkota itu telah dicampur perak.

Hari ini, masalah apa yang kita sedang hadapi? Pekerjaan, rumah tangga, keuangan, atau pelayanan? Banyak dari kita beranggapan seolah itu semua sudah di luar batas kemampuan kita. Mau menyerah rasanya, atau lebih parah lagi, ingin mati saja! Namun, jangan tergesa-gesa mengambil keputusan. Jangan memutuskan sesuatu di saat kita merasa tertekan. Tunggulah sampai pikiran kita jernih. Bersabarlah sampai hati kita terasa lega. Datang kepada Tuhan, berdoa minta kekuatan dari Dia, dan cari hikmat-Nya. Percayai, Yesus adalah sumber jawaban. Pertolongan-Nya tidak pernah terlambat. Dia akan melepaskan kita dari beban hidup yang berlebihan dan kita pun bisa hidup dalam kemerdekaan sejati. Di dalam-Nya, masalah adalah anak tangga yang membawa kita naik level. Ya, sering kali permasalahan adalah intro dari berkat yang Tuhan sediakan buat kita. Amin.

RENUNGAN
Ketika beban berat menghimpit kita, TUNGGULAH sampai pikiran kita jernih, maka Tuhan akan MENGUBAH MASALAH MENJADI MAHKOTA

APLIKASI
1. Beban apakah yang akhir-akhir ini tengah menghimpit Anda? Bagaimana Anda menyikapinya?
2. Mengapa Anda tidak boleh buru-buru mengambil keputusan ketika sedang merasa terhimpit?
3. Bagaimana Anda akan menyikapi masalah-masalah Anda sekarang?

DOA UNTUK HARI INI
“Bapa yang baik, tak ada satu pun yang terluput dari perhatian-Mu. Engkau mengetahui segala persoalan yang tengah membebani dan menghimpit kami. Kami mau belajar untuk tinggal tenang di dekat-Mu dan menyerahkan segala masalah kami. Karena kami tahu, Engkau sanggup mengerjakan kebaikan yang melebihi harapan kami melalui setiap masalah yang kami hadapi. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.