Hikmat untuk dapat bekerja maksimal

Hikmat untuk dapat bekerja maksimal

BACAAN HARI INI
Yakobus 1:2-8

RHEMA HARI INI
Yakobus 1:5 Tetapi apabila di antara kamu ada yang kekurangan hikmat, hendaklah ia memintakannya kepada Allah, –yang memberikan kepada semua orang dengan murah hati dan dengan tidak membangkit-bangkit-, maka hal itu akan diberikan kepadanya.

Anda pernah menonton “Kung Fu Panda”? Film ini menceritakan Po, panda gendut yang terobsesi kungfu. Po berlatih keras di bawah bimbingan Master Shifu. Fisik yang gendut dan sifatnya yang mudah menyerah membuat Po merasa tersiksa dengan kedisiplinan dan metode latihan yang keras dari Master Shifu. Namun suatu ketika, sebuah peristiwa membuat Po menyadarinya takdirnya. Po yang semula dikenal sebagai panda gendut yang gampang menyerah akhirnya berubah menjadi Master Kung Fu sejati.

Ada orang yang menikmati pekerjaan, tetapi ada juga orang yang terbeban dengan pekerjaannya. Hal itu berhubungan dengan minat, passion, dan kebutuhan penghasilan. Motivasi bekerja seharusnya didasari dengan rasa cinta akan pekerjaan, bukan hanya karena uang. Warren Buffet berbagi pengalamannya: “Dengan uang Anda bisa membeli rumah, tetapi bukan tampat untuk pulang. Anda bisa membeli jam, tetapi bukan waktu. Anda bisa membeli ranjang, tetapi bukan tidur. Anda bisa beli buku, tetapi bukan pengetahuan. Anda bisa mendapatkan jabatan, tetapi bukan penghargaan. Anda bisa membeli darah, tetapi tidak dengan hidup.”

Dalam setiap pekerjaan ataupun tugas pendidikan kita saat ini, jangan sampai kita bertindak asal-asalan. Kita harus mengerjakan segala sesuatunya dengan penuh tanggung jawab dan sungguh-sungguh. Mari melakukan yang terbaik dengan selalu bersyukur. Namun jangan juga bekerja melampaui batas kekuatan, bahkan mengorbankan hal terpenting dalam hidup kita seperti kesehatan, keluarga, dan terutama persekutan dengan Tuhan. Mintalah hikmat Tuhan agar mampu bekerja maksimal, memuliakan-Nya dengan harta kita, dan menyerahkan segala rencana kepada Tuhan, maka Dia bukan hanya akan membuat kita berhasil, tetapi juga mengalami kebebasan sejati di dalam-Nya.

RENUNGAN
MINTALAH HIKMAT kepada Tuhan agar kita dapat BEKERJA DENGAN MAKSIMAL dan TERLEPAS DARI SEMUA BEBAN YANG SALAH

APLIKASI
1. Bagaimanakah kondisi pekerjaan ataupun studi Anda saat ini? Apakah Anda menikmati dan bersyukur?
2. Mengapa Anda perlu meminta hikmat kepada Tuhan dalam pekerjaan atau studi Anda?
3. Bagaimanakah caranya agar kita dapat menikmati pekerjaan atau studi dan bahkan membawa berkat?

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan Yesus, terima kasih karena kami telah diingatkan untuk selalu bersyukur atas semua hal yang sudah Engkau anugerahkan kepada kami. Kami mohon berkat-Mu untuk pekerjaan serta studi yang Engkau sudah percayakan kepada kami. Berikanlah hikmat kepada kami agar kami dapat mengerjakan yang terbaik demi kemuliaan Nama-Mu. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.