Bebas belenggu beban dari iblis

Bebas belenggu beban dari iblis

BACAAN HARI INI
Yohanes 10:1-20

RHEMA HARI INI
Yohanes 10:10 Pencuri datang hanya untuk mencuri dan membunuh dan membinasakan; Aku datang, supaya mereka mempunyai hidup, dan mempunyainya dalam segala kelimpahan.

Dinda adalah seorang gadis yang aktif dalam pelayanan, baik di gereja atau kampusnya. Dengan talenta menyanyi yang Tuhan berikan, ia sering menjadi singer, pemimpin pujian, dan pemandu acara. Namun, komitmen Dinda berubah saat ia memiliki pacar yang berbeda keyakinan dengannya. Ia tahu hal itu salah, tetapi ia seakan tak berdaya memutuskan pacarnya. Rasa berdosa yang membebani hatinya membuatnya takut berdoa. Ia pun mulai meninggalkan pelayanan yang dulu menjadi bagian hidupnya. Ketika diingatkan oleh teman-teman maupun kakak rohaninya, ia semakin merasa tertekan dan malah berhenti datang ke gereja. Akhirnya, ia memilih menikah dengan pacarnya dan ikut berpindah keyakinan.

Mungkin saja saat ini kita berada di posisi seperti Dinda, yang tidak kuat menanggung beban masalah dan hendak memilih mundur dari Tuhan. Jikalau demikian, segeralah kembali kepada Tuhan. Jangan sampai kita termakan tipu daya iblis dan dibelenggu olehnya. Memang, selama kita masih hidup di dunia ini, kita tidak bisa lepas dari yang namanya beban. Entah beban dosa, sakit-penyakit, hutang piutang, pekerjaan, rumah tangga, studi, maupun pelayanan. Ketahuilah, iblis ingin menekan hidup kita dengan beban-beban tersebut dengan tujuan mencuri, membunuh, dan membinasakan kita (Yoh. 10:10). Bahkan iblis ingin kita dibelenggu dan terikat dengan begitu banyak beban hidup, sehingga kita tidak lagi fokus kepada Tuhan, tetapi kepada beban-beban tersebut. Iblis ingin manusia mengalami kepahitan hati, kehancuran, dan meninggalkan imannya kepada Tuhan.

Oleh karena itu, jangan sampai kita kalah dengan kelicikan iblis. Kita harus berhasil mengalahkannya. Ingat, tujuan Tuhan memberikan beban dalam hidup kita bukanlah untuk membuat kita semakin undur dari Tuhan, tetapi agar kita dapat belajar bertanggung jawab dan bergantung pada-Nya. Tuhan mau melepaskan kita dari beban-beban yang salah dan memberikan kelegaan serta pertolongan, sehingga kita mengalami kemerdekaan yang nyata dalam hidup ini. (LEW)

RENUNGAN
Iblis membelenggu kita dengan BEBAN HIDUP YANG BERLEBIHAN karena ia ingin hidup kita PAHIT, HANCUR, DAN MUNDUR DARI TUHAN

APLIKASI
1. Beban apa yang Anda alami saat ini dan menurut Anda paling berat?
2. Bagaimana respons Anda ketika Anda mengalami beban dalam hidup Anda?
3. Langkah-langkah apa yang akan Anda lakukan menang atas beban hidup yang sedang kita alami?

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan Yesus, terima kasih karena Engkau masih memberikan beban-beban yang tepat dalam hidup kami agar kapastias kami dapat diperbesar. Sertai kami senantiasa agar kami tidak jatuh dalam belenggu dan tipu daya iblis. Kami percaya, Engkau sudah memberikan kemenangan atas setiap beban hidup yang kami alami. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.