Belajar mengalahkan rasa takut

Belajar mengalahkan rasa takut

BACAAN HARI INI
Mazmur 46:1–12

RHEMA HARI INI
Mazmur 46:2–4 Allah itu bagi kita tempat perlindungan dan kekuatan, sebagai penolong dalam kesesakan sangat terbukti. Sebab itu kita tidak akan takut, sekalipun bumi berubah, sekalipun gunung-gunung goncang di dalam laut; sekalipun ribut dan berbuih airnya, sekalipun gunung-gunung goyang oleh geloranya.

Kala ombak permasalahan menerjang, ketakutan kerap melanda hati kita. Itulah sebabnya, kebanyakan dari kita lebih suka menghindari masalah. Inilah yang digambarkan dalam film animasi pendek “Piper”. Ketika sedang belajar mencari kerang yang tersembunyi dalam luasnya hamparan pasir, seekor burung kecil hampir tenggelam karena ombak yang menyambarnya. Sejak itu, setiap kali melihat ombak mendekat, ia langsung berlari jauh-jauh. Namun kemudian, ia bertemu dengan keluarga keong yang berburu kerang. Piper yang keasyikan membuntuti mereka, tidak menyadari datangnya ombak besar. Untung saja, sebelum terlambat, ia melihat keong-keong itu menggali pasir dan menyusup ke dalamnya. Dengan cepat Piper meniru mereka dan bertahan erat pada pasir yang mengelilingi tubuhnya.

Saat air menenggelamkannya dan Piper membuka mata di dalam air, ia menyaksikan keajaiban. Kerang-kerang yang tadinya sulit ditemukan, tampak melimpah ruah sejauh mata memandang. Kini Piper tahu di mana saja kerang-kerang itu tersembunyi. Bahkan, dengan cepat ia bisa menemukan kerang yang besar. Kala ombak menerpa, Piper tidak lagi berlari menjauh. Dengan gembira ia menyambutnya, membentengi diri dengan pasir, dan menyelam ke dalam air.

Dari Piper, kita dapat belajar bahwa ketika ombak permasalahan datang bertubi-tubi, tak semestinya kita menghindar atau melarikan diri. Hanya satu hal yang Tuhan tunggu dari kita: masuk lebih dalam lagi ke hadirat-Nya. Galilah firman-Nya. Berdoalah lebih sungguh-sungguh. Berpeganglah erat-erat kepada-Nya. Percayalah, Dia Allah yang tidak akan membiarkan kita tenggelam dalam berbagai ombak hidup. Dia akan membentengi diri kita, memberikan kekuatan, dan membukakan mata hati kita. Kita pun akan menyadari, dalam setiap permasalahan yang Dia izinkan, tersimpan berkat dan janji-Nya yang melimpah bagi kita. Saat itulah, kita tidak akan takut lagi. Kita akan memperoleh keyakinan untuk menatap hari depan dan meraih kemerdekaan dari ketakutan bersama-Nya. (MV.L)

RENUNGAN
Ketakutan sangatlah wajar, tetapi selama kita tidak bisa MENGALAHKAN RASA TAKUT, kita tidak akan pernah mengalami KEMERDEKAAN SEJATI

APLIKASI
1. Ketika Anda merasa takut, apakah yang biasanya Anda lakukan?
2. Mengapa Anda perlu mengalahkan rasa takut Anda?
3. Langkah-langkah apa yang dapat Anda ambil untuk mengalahkan rasa takut?

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan, Engkaulah tempat perlindungan dan kekuatan kami. Kami percaya pada kasih setia-Mu, karena itu kami tidak akan takut. Bawalah kami untuk dapat mengatasi berbagai ombak permasalah hidup kami dan biarlah ketaatan kami dalam penyertaan-Mu boleh menjadi kesaksian yang hidup bagi orang lain. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.