Menghadapi peperangan hidup bersama Tuhan

Menghadapi peperangan hidup bersama Tuhan

BACAAN HARI INI
Ulangan 31:1–8

RHEMA HARI INI
Ulangan 31:6 Kuatkan dan teguhkanlah hatimu, janganlah takut dan jangan gemetar karena mereka, sebab TUHAN, Allahmu, Dialah yang berjalan menyertai engkau; Ia tidak akan membiarkan engkau dan tidak akan meninggalkan engkau.”

Hidup ini adalah peperangan. Mau tak mau, kita pun harus menghadapinya. Namun, saat menghadapi tantangan besar yang diiringi ketidakpastian, kerap kali kita pun merasa tegang, bahkan takut. Musa berusia seratus dua puluh tahun pada waktu ia menyerahkan tongkat kepemimpinan kepada Yosua. Bangsa Israel yang sudah terbiasa dipimpin Musa mungkin saja merasa ragu dan takut di bawah kepemimpinan yang baru. Musa mengerti kegelisahan mereka. Karena itu ia pun menenangkan dan memberikan semangat supaya mereka tidak takut dan tidak gemetar menghadapi musuh-musuh mereka. Ia mengingatkan mereka bahwa bukan Yosua, atau bahkan Musa sendiri, yang telah dan akan memimpin mereka, tetapi Tuhan Allah. Memang benar, lawan-lawan yang akan mereka hadapi tidaklah mudah, tetapi Tuhan yang akan berjalan di depan mereka, selalu menyertai dan tidak akan meninggalkan mereka.

Kita pun, setiap hari juga diperhadapkan dengan peperangan-peperangan kehidupan kita masing-masing. Musuh kita pun memiliki berbagai macam rupa, entah itu sakit-penyakit, hutang piutang, masalah studi, rumah tangga, maupun pekerjaan. Tentu saja setiap peperangan itu sangat menegangkan ketika kita menghadapinya. Namun, semenegangkan apa pun peperangan yang harus kita hadapi, jangan sampai itu membuat kita menjadi takut.

Ketakutan hanya akan membuat kita berkecil hati dan patah semangat. Ketakutan menutup mata hati kita terhadap janji-janji Tuhan dan melumpuhkan langkah kita. Ingatlah, Tuhan sudah berjanji bahwa Dia akan selalu menyertai dan memimpin perjuangan hidup kita. Oleh karena itu, janganlah takut karena Tuhanlah yang akan selalu memimpin kita supaya kita bisa mengalami kemerdekaan sejati dan merdeka dari semua rasa takut dalam hidup kita. (LEW)

RENUNGAN
Peperangan pasti MENEGANGKAN, tetapi JANGAN BIARKAN ketegangan kita BERUBAH MENJADI ketakutan

APLIKASI
1. Peperangan hidup yang paling menegangkan seperti apakah yang pernah Anda alami?
2. Apa yang Anda lakukan pada saat Anda harus berperang menghadapi “musuh” Anda?
3. Bagaimana cara Anda agar ketegangan dalam menghadapi permasalahan tidak berubah menjadi ketakutan?

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan Yesus, terima kasih kalau Engkau mengizinkan kami menghadapi musuh-musuh dalam hidup kami. Kami percaya, Engkau selalu memimpin dan menyertai kami untuk memenangkan setiap peperangan kehidupan kami. Buanglah segala bentuk ketakutan kami, Ya Tuhan. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.