Proteksi Ilahi dalam hidup kita

Proteksi Ilahi dalam hidup kita

BACAAN HARI INI
Daniel 3:1–30

RHEMA HARI INI
Daniel 3:25 Katanya: “Tetapi ada empat orang kulihat berjalan-jalan dengan bebas di tengah-tengah api itu; mereka tidak terluka, dan yang keempat itu rupanya seperti anak dewa!”

Tentu sangat luar biasa bila kita mempunyai sahabat yang selalu menjaga dan menemani dalam kondisi apa pun dan kapan pun. Dalam dunia ini, kita tidak akan menemukan sahabat yang sedemikian hebat. Namun, ada satu pribadi yang mungkin belum kita sadari, Dialah Tuhan Yesus. Imanuel adalah salah satu nama-Nya, artinya Allah beserta kita. Tidak pernah tertidur, tidak pernah libur, dan tidak ada satu pun peristiwa dalam hidup kita yang luput dari pengetahuan-Nya. Dia menyertai kita sepanjang waktu bukan dengan penyertaan yang pasif melainkan dengan penyertaan aktif yang membawa proteksi atau perlindungan. Yesus siap turun tangan pada waktu yang tepat.

Dalam kisah Sadrakh, Mesakh, dan Abednego, raja Nebukadnezar melihat sendiri penyertaan dan proteksi ilahi atas ketiga pemuda tersebut. Karena kesetiaan mereka tidak mau sujud menyembah berhala, penyertaan dan perlindungan Tuhan pun nyata atas hidup mereka. Dalam keadaan bahaya, di tengah dapur api yang menyala-nyala, Tuhan menyertai sekaligus melindungi mereka bertiga, sehingga mereka selamat dan tidak dipermalukan. Bukan itu saja, Tuhan pun melunakkan hati raja sehingga ia mengakui kebesaran Allahnya Sadrakh, Mesakh dan Abednego.

Ya, Tuhan kita bukan Tuhan yang duduk diam dan jauh di sorga sana, tetapi Dia Allah yang hidup dan dinamis. Dia terus berkarya dalam hidup kita sampai sekarang. Dia ada dekat dan menyertai setiap langkah kita. Mata-Nya tak pernah lepas sedetik pun mengawasi dan menjagai kita. Saat sakit, penyertaan-Nya tidak hanya menghibur dan menguatkan, tetapi Dia juga menyembuhkan. Saat ada masalah, Dia memberikan jalan keluar. Saat ada bahaya, Dia bertindak menyelamatkan dan membela kita. Bersama Yesus, walau seribu orang rebah di sisi kita dan sepuluh ribu di sebelah kanan kita, hal itu tidak akan menimpa kita (Mzm. 91:7). Sebab itu, janganlah takut dan bersukacitalah, karena Tuhan kita Imanuel. Hiduplah dalam kemerdekaan dari ketakutan yang disediakan-Nya bagi kita. (PF)

RENUNGAN
IMANUEL berarti penyertaan Allah TIDAK PERNAH PASIF, tetapi AKTIF membawa PROTEKSI ILAHI dalam hidup kita

APLIKASI
1. Kapankah Anda menyadari bahwa kita tidak pernah dibiarkan sendiri, tetapi ada penyertaan Tuhan bersama dengan Anda?
2. Pernahkan Anda mengalami dan merasakan secara nyata pernyertaan dan perlindungan Tuhan dalam hidup Anda? Pengalaman apakah itu?
3. Bagaimana Anda seharusnya hidup di bawah perlindungan Allah?

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan Yesus, kami mau mengucap syukur atas penyertaan dan perlindungan-Mu dalam hidup kami, sebab siapalah kami ini sehingga Engkau demikian mengasihi kami. Tuhan, bebaskanlah kami dari segala ketakutan dan kecemasan, bukan menutupi atau menekan ketakutan kami, tetapi betul-betul kami bisa merasakan kemerdekaan dari rasa takut. Ingatkan kami senantiasa bahwa kami tidak pernah sendirian, tetapi ada Engkau di sisi kami. Kami aman dan tenang bersama dengan Engkau. Terima kasih Tuhan. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.