Mempersiapkan diri untuk menerima tanggung jawab besar

Mempersiapkan diri untuk menerima tanggung jawab besar

BACAAN HARI INI
Lukas 19:12-27

RHEMA HARI INI
Lukas 19:17 Katanya kepada orang itu: Baik sekali perbuatanmu itu, hai hamba yang baik; engkau telah setia dalam perkara kecil, karena itu terimalah kekuasaan atas sepuluh kota.

Di sebuah hutan rimba, ada segerombol kera yang sedang bergotong-royong menimbun makanan untuk disimpan di musim dingin. Atas kesepakatan bersama, gerombolan kera itu pun menunjuk si ekor putih untuk menjaga setumpuk tinggi cadangan makanan selagi kawanan lainnya pergi mencari makanan. Dengan perasaan bercampur aduk, si ekor putih menerima tugas itu. Ia senang karena dipercaya kawanannya, tetapi ia takut kalau-kalau ia tidak dapat menahan hati untuk memakannya. Bersusah payah ia menahan nafsunya. Ia pun berpikir, kalau ia diam saja, ia tidak mungkin bisa tahan untuk tidak memakannya. Lebih baik ia menyibukkan diri untuk mengalihkan perhatiannya. Kemudian, si ekor putih memutuskan untuk memilah-milah setumpuk tinggi makanan itu berdasarkan mana yang lebih cepat busuk. Setelah beberapa waktu, gerombolan kera lainnya pun kembali ke gua dan mereka semua terkejut melihat betapa cadangan makan mereka sudah tertata sangat rapi. Kawanan itu segera berkumpul, berunding, dan akhirnya menunjuk si ekor putih sebagai pemimpin mereka yang baru.

Si ekor putih tadi awalnya hanya ditunjuk untuk menjaga dan mengawasi cadangan makanan kera-kera itu saja. Namun, karena ia memiliki hati yang siap melaksanakan tanggung jawab yang lebih besar, ia tak hanya menjaga setumpuk makanan itu, tetapi juga melakukan hal yang lebih lagi untuk kepentingan bersama. Tak heran, apabila pada akhirnya ia dipilih menjadi pemimpin gerombolan itu.

Hal yang sama juga berlaku pada kita. Tuhan pun ingin mengangkat hidup kita ke level yang lebih tinggi lagi. Namun, sadarkah kita, bahwa kita harus siap mengerjakan tanggung jawab kita, bahkan lebih lagi, untuk dapat dipercaya? Ketika kita dipercaya lebih, kita pun pasti akan dituntut lebih juga (Luk. 12:48). Maka dari itu, apabila kita ingin dipakai Tuhan lebih lagi dan menerima janji-Nya, persiapkanlah diri kita untuk menerima tanggung jawab yang lebih besar pula.

RENUNGAN
Janji Tuhan untuk mengangkat hidup kita HANYA AKAN TERGENAPI dalam diri orang yang SIAP MENERIMA tanggung jawab YANG LEBIH BESAR LAGI

APLIKASI
1. Menurut Anda, sudahkah Anda dapat dipercaya? Mengapa demikian?
2. Mengapa Tuhan ingin Anda mempersiapkan diri untuk tanggung jawab yang lebih besar lagi?
3. Komitmen apa yang bisa Anda ambil untuk dapat dipercaya Tuhan lebih lagi? Tuliskan.

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan, kami mau menjadi pribadi yang dapat Engkau percaya lebih lagi. Kami mau belajar mempersiapkan diri kami sehingga kami juga dapat Engkau pakai untuk mengemban tugas yang lebih besar lagi dari-Mu. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.