Dua dimensi pondok daud

Dua dimensi pondok daud

BACAAN HARI INI
1 Petrus 2:1-10

RHEMA HARI INI
1 Petrus 2:9 Tetapi kamulah bangsa yang terpilih, imamat yang rajani, bangsa yang kudus, umat kepunyaan Allah sendiri, supaya kamu memberitakan perbuatan-perbuatan yang besar dari Dia, yang telah memanggil kamu keluar dari kegelapan kepada terang-Nya yang ajaib:

Kita semua tentu tahu tentang kisah Abraham, bagaimana ia tidak hentinya menantikan seorang anak. Ketika anak semata wayangnya itu akhirnya ia dapatkan, Allah malah memintanya sebagai korban persembahan. Namun yang selanjutnya terjadi sungguh menakjubkan. Alih-alih mengeluh atau memberontak, Abraham justru dengan segera memberikan anak tunggalnya, Ishak, sebagai korban persembahan bagi Allah. Dan kita semua juga tahu, betapa Bapa sangat berkenan dengan persembahannya yang sejati itu. Karena sesungguhnya bukan Ishak yang dilihat Bapa, melainkan hati Abraham. Karena Abraham telah memberikan persembahannya yang sejati kepada Tuhan, Dia pun memberkatinya dengan berlimpah-limpah. Bahkan bukan hanya Abraham saja yang diberkati, tetapi juga keturunannya serta semua bangsa di bumi (Kej. 22:16-18).

Di kehidupan modern ini, kita memang tidak lagi mempersembahkan korban bakaran bagi Tuhan, tetapi hati kitalah yang menjadi persembahan yang sejati. Ketaatan kita pada rhema yang Tuhan berikan dan langkah kita dalam mempersembahkan pujian penyembahan kepada Allahlah yang dilihat Bapa. Ya, membangun Pondok Penyembahan Daud sejatinya berbicara mengenai kehidupan penyembahan kita kepada Tuhan. Itulah korban persembahan kita yang sebenarnya, yang berkenan di hati Tuhan. Sama seperti Abraham, ketika Tuhan berkenan dengan persembahannya yang sejati, secara otomatis, bonus berupa berkat-berkat duniawi pun serta-merta Dia berikan kepadanya.

Sama halnya dengan kita. Ketika kita sudah mendapat rhema dari Tuhan dan kita taat melaksanakannya, yaitu dengan membangun kehidupan pujian penyembahan yang berkenan di hadapan Tuhan, maka tidak hanya Pondok Penyembahan Daud yang mana berbicara mengenai kehidupan spiritual saja yang akan dipulihkan, tetapi juga Pondok Kerajaan Daud, yaitu kondisi saat mujizat-mujizat dan kemenangan-kemenangan besar terjadi di bumi seperti di sorga.

RENUNGAN
Tuhan bukan hanya rindu untuk memulihkan PONDOK PENYEMBAHAN DAUD, tetapi juga PONDOK KERAJAAN DAUD.

APLIKASI
1. Sudahkah Anda melangkah membangun kembali Pondok Daud?
2. Menurut Anda, apa yang akan Anda alami ketika Pondok Daud dipulihkan?
3. Komitmen apa yang dapat Anda lakukan menanggapi rhema yang Tuhan berikan? Tuliskanlah!

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan, terima kasih untuk rhema yang telah Engkau berikan bagi gereja kami. Kami mau mengambil komitmen untuk taat masuk ke dalam kegerakan membangun kembali Pondok Daud, ya Tuhan. Biarlah ini boleh menjadi persembahan kami yang sejati sampai kerajaan-Mu ditegakkan di bumi seperti di sorga. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.